Cerita Ridwan Kamil Lebaran Tanpa Sosok Eril

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nidia Zuraya

 Sabtu 22 Apr 2023 09:10 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan ramah tamah dan bersalaman dengan ribuan jamaah di Masjid Al-Jabbar usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (22/4/2023). Republika/ M Fauzi Ridwan Foto: Republika/ M Fauzi Ridwan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan ramah tamah dan bersalaman dengan ribuan jamaah di Masjid Al-Jabbar usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (22/4/2023). Republika/ M Fauzi...

Eril meninggal dunia terbawa hanyut di sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelaksanaan Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 menjadi momen yang tidak dapat dilupakan bagi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga. Sebab, hari raya lebaran diselenggarakan tanpa kehadiran anak sulungnya Emmeril Khan Mumtadz atau yang akrab disapa Eril.

Seperti diketahui Eril meninggal dunia terbawa hanyut di sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022. Ia dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

Baca Juga

"Kalau pribadi saya memang sedikit terharu karena ini lebaran pertama ya tanpa almarhum anak kami Eril," ujarnya kepada wartawan seusai shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Al-Jabbar, Sabtu (22/4/2023).

Meski begitu, dengan ketegaran hati Emil mengaku kebahagiaan tetap hadir pada lebaran kali ini. Ia pun terus bersyukur atas kegiatan shalat Idul Fitri yang telah berlangsung dilaksanakan.

"Apapun itu, kebahagiaan hadir di pagi ini, cuaca cerah sekali yang tadi dari khatib di Al-Jabbar juga menyampaikan tentang perbanyak syukur," katanya.

Di saat memberikan sambutan, ia mengaku menyampaikan kepada jamaah tentang 510 penghargaan yang diperolehnya saat memimpin Jawa Barat sejak tahun 2018 hingga tahun 2022. Raihan penghargaan tersebut patut untuk disyukuri.

"Makanya tadi saya melaporkan sebagian dari 510 penghargaan perubahan yang harus kita syukuri dan juga memohon maaf kalau ada kekurangan," katanya.

Sebelumnya, ribuan warga Jawa Barat memadati halaman hingga taman Masjid Al-Jabbar, Sabtu (22/4/2023) pagi. Mereka melaksanakan shalat lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pantauan, jamaah memadati halaman masjid untuk shalat Idul Fitri 1444 Hijriah. Hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum beserta jajaran di lingkungan Pemprov Jabar.

Selain itu turut hadir Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Wakapolda Jawa Barat dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar. Imam shalat Idul Fitri KH Rifat Aby Syahid dan Khatib Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Prof Mahfud.

 

Berita Lainnya