Jamaah Padati Lapangan Balai Kota Jakarta Laksanakan Sholat Idul Fitri

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha

 Sabtu 22 Apr 2023 08:40 WIB

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Lapangan Balai Kota DKI Jakarta, saat sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah, Sabtu (22/4/2023). Foto: Republika/Eva Rianti Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Lapangan Balai Kota DKI Jakarta, saat sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah, Sabtu (22/4/2023)....

Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut hadir menunaikan sholat Id di lokasi itu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan jamaah memadati lokasi pelaksanaan sholat Idul Fitri di lapangan Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut hadir menunaikan sholat Id di lokasi tersebut.

Pengamatan Republika, masyarakat sudah berbondong-bondong dan memadati lokasi sholat Idul Fitri sejak pukul 06.00 WIB. Diperkirakan jumlah jamaah mencapai hingga ribuan orang dengan menduduki posisi sholat yang di bawahnya terbentang terpal berwarna merah. Menjelang pelaksanaan sholat Idul Fitri, kondisi lapangan Balai Kota pun sudah tampak dipenuhi oleh jamaah dari sisi timur hingga ke barat.

Baca Juga

Pada sekira pukul 06.35 WIB, terlihat Heru tiba di lapangan Balai Kota DKI Jakarta, mengenakan baju koko warna putih, celana warna hitam, lengkap dengan peci berwarna hitam. Dia hadir didampingi oleh Sekda DKI Joko Agus Setyono.

Sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta tampak sudah hadir lebih dulu di lokasi sholat, diantaranya Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan Adriansyah, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Syafrin Liputo, Kepala Dinas Sumber Daya Air Yusmada, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Asep Kuswanto, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Andri Yansah.

Sholat Idul Fitri terpantau berlangsung mulai pukul 06.40 WIB hingga sekira pukul 07.00 WIB. Sholat tersebut diimami oleh Ustaz Deden M Ramdan, dilanjutkan khutbah oleh Prof Oman Fathurahman Guru Besar Filologi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah.

Sebelumnya, Sekda DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengimbau para aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1444 Hijriah/ 2023 Masehi secara berjamaah di Balai Kota DKI Jakarta pada Sabtu (22/4/2023).

"Kami mengimbau para ASN yang tidak pulang mudik atau memang punya rumah di Jakarta untuk sholat di Balai Kota," kata Joko kepada wartawan, Jumat (21/4/2023). 

 

Berita Lainnya