Wapres Ma'ruf Laksanakan Sholat Idul Fitri 1444 H di Masjid Istiqlal

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha

Sabtu 22 Apr 2023 07:40 WIB

Wakil Presiden Maruf Amin dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat hendak melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Foto: Republika/ Fauziah Mursid Wakil Presiden Maruf Amin dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat hendak melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Jakarta, Sabtu (22/04/2023). Kiai Ma'ruf masuk ke Kompleks Masjid Istiqlal bersama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla pukul 06.55 WIB mengenakan setelah baju koko dan jas yang dipadukan dengan sarung hitam bercorak.

Menyambut kedatangan Wapres dan JK, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi beserta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Baca Juga

Masuk melalui pintu Al-Malik, Kiai Ma'ruf dan JK langsung menuju tempat salat dan menunaikan Salat Tahiyyatul Masjid serta mengumandangkan takbir bersama jemaah yang lain. Sementara Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin bergabung dengan jemaah wanita di saf berbeda.

Kiai Ma'ruf juga ikut menggemakan takbir sebelum melaksanakan Shalat. Sekitar pukul 07.10 WIB, Shalat Idulfitri secara berjamaah dimulai yang dipimpin Imam Rawatib Masjid Istiqlal Ustaz Ahmad Muzakkir Abdurrahman dengan Bilal Ilham Mahmuddin.

Usai melaksanakan Salat Idulfitri, Wapres pun turut mendengarkan Khutbah Idulfitri yang disampaikan oleh Prof. Asep Saepudin Jahar, dengan tema “Idul Fitri Momentum Menebar Maaf untuk Kerukunan Umat”.

Selain Wapres, tampak hadir melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, bakal calon presiden dari koalisi perubahan Anies Baswedan dan para Dubes dari negara-negara sahabat.

Pada video ucapan yang dirilis resmi oleh Sekretariat Wakil Presiden, Wapres menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Raya Idul Fitri 1444 H kepada seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan. Kiai Ma'ruf menyebut Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang amat dinantikan umat Islam 

“Perayaan Idul Fitri merupakan momen yang penuh makna, serta kita nantikan bersama untuk dapat saling berbagi kebahagiaan, saling memaafkan kesalahan, dan menunjukkan kasih sayang yang tulus kepada sesama. Di hari yang suci ini, saya berharap kita semua dapat merayakannya dengan penuh kegembiraan bersama keluarga, tetangga, dan kerabat tercinta,” ujarnya.

Usai melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Kiai Ma'ruf kembali ke kediaman resmi Wapres di Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, untuk bersilaturahmi dengan keluarga inti dan perangkat melekat. Baru setelah itu pada Sabtu siang, Wapres akan mudik ke Tanara Banten.

 

Terpopuler