Jumat 21 Apr 2023 21:21 WIB

Sebagian Masjid di Padang Panjang Sudah Gelar Sholat Id

Sholat Id digelar di sejumlah masjid Padang Panjang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
 Sebagian Masjid di Padang Panjang Sudah Gelar Sholat Id. Foto:  Monumen Al Quran di Padang Panjang
Foto: Kominfo Padang Panjang
Sebagian Masjid di Padang Panjang Sudah Gelar Sholat Id. Foto: Monumen Al Quran di Padang Panjang

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG PANJANG--Adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H juga terjadi dalam masyarakat Kota Padang Panjang. Terbukti dengan adanya sebagian masjid yang sudah melaksanakan Sholat Id pada Jumat (21/4/2023).

Sebelumnya, Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri pada Jumat, sedangkan pemerintah sudah menetapkan pada Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga

Perbedaan pelaksanaan Idul Fitri ini sudah biasa terjadi dari tahun sebelumnya. Sebagai umat Islam yang saling menghargai dan bertoleransi, pelaksanaan Sholat Id ini tidak terlalu dipermasalahkan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako, Erwina Agreni,  mengatakan di Kota Padang Panjang sudah ada sebagian masyarakat yang melaksanakan Sholat Id pada hari ini.

"Sudah banyak juga masjid yang melaksanakan Salat Id, namun pemerintah akan melaksanakan besok yang dipusatkan di Islamic Center. Untuk perbedaan ini, merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Kita saling menghormati dan bertoleransi saja," kata Erwina.

Beberapa masjid yang sudah melaksanakan salat di antaranya, Masjid Taqwa Muhammadiyah, Masjid Jami' Nurul Huda, Masjid Nurul Hidayah, Masjid Al Muttaqin, Masjid Nurul Iman, Kenagarian Gunung di halaman SMPN 3 Padang Panjang, Masjid Nurul Furqan Tanah Pak Lambik dan lainnya.

"Sampai kemarin ada 26 masjid yang mengkonfirmasi kepada kita untuk melaksanakan shalat pada hari ini. Namun sampai sekarang kemungkinan ada masjid yang mengganti jadwalnya dan itu kita belum menerima konfirmasi," ucap Erwina.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang merupakan tetangga Padang Panjang memfasilitasi perbedaan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 H yang terjadi perbedaan antara pemerintah dan ormas Muhammadiyah.

Pemkab Tanah Datar menurut Wakil Bupati, Richi Aprian, mempersilakan dua kali pelaksanaan sholat Id tersebut di Lapangan Cindua Mato di Batusangkar.

"Pemkab Tanah Datar memfasilitasi dua kali sholat hari raya," kata Richi, Rabu (19/4/2023).

Sebagai bentuk resmi memfasilitasi dua kali sholat Id, Pemkab Tanah Datar menerbitkan undangan untuk pelaksanaan kedua momen tersebut. Dalam surat yang dikeluarkan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, tertera masing-masing imam dan khatib yang akan memimpin sholat Id baik untuk hari Jumat maupun hari Sabtu.

Pada sholat Hari Raya Jumat 21 April 2023, Khatib adalah Ismail Novel, dan Imam adalah Yuliandri.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement