Jumat 21 Apr 2023 14:56 WIB

Mudik Asyik BUMN 2023, PKT Hadirkan Fasilitas di Bandara SAMS Sepinggan 

PKT menggelar posko Mudik Asyik BUMN 2023 di Bandara Sepinggan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Bandara Sepinggan. PKT menggelar posko Mudik Asyik BUMN 2023 di Bandara Sepinggan.
Foto: blogspot
Bandara Sepinggan. PKT menggelar posko Mudik Asyik BUMN 2023 di Bandara Sepinggan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT menggelar posko Mudik Asyik BUMN 2023 di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. Posko berada di area Check in Barat Bandara, yang menyediakan beragam fasilitas dan pelayanan untuk memberi kenyamanan bagi pada pemudik. 

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengungkapkan pengadaan posko Mudik Asyik BUMN bentuk dukungan perusahaan terhadap program Kementerian BUMN dalam memberikan pelayanan maksimal bagi para pemudik pada Idul Fitri 1444 H. Hal ini juga bagian dari Bakti BUMN untuk Indonesia, dengan hadir berkontribusi melalui penyediaan fasilitas bagi masyarakat yang menggunakan jasa bandara untuk menuju kampung halaman masing-masing. 

Baca Juga

"Posko Mudik Asyik BUMN bisa menjadi tempat istirahat sementara bagi para pemudik di bandara Sepinggan sebelum melanjutkan perjalanan," ujar Sugeng dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Sugeng menyampaikan sejumlah fasilitas yang bisa diakses pemudik di antaranya pelayanan kesehatan, berupa pijat dan obat gratis hingga perlengkapan bayi. Lalu fasilitas berbuka puasa dan refreshment, seperti minuman hangat beserta makanan kecil dan takjil serta fasilitas entertainment layaknya stand photobooth dengan beragam spot menarik. 

"Pupuk Kaltim mempersilakan para pemudik untuk menikmati akses pelayanan yang diberikan. Terlebih pengguna bandara SAMS Sepinggan banyak yang berasal dari luar kota Balikpapan, sehingga bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan," ucap Sugeng.  

Sugeng mengatakan program ini berjalan serentak di lima Provinsi meliputi Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi dan Sumatera. Khusus di Kalimantan Timur, Pupuk Kaltim berkolaborasi bersama PT Angkasa Pura 1 selaku penyedia lokasi venue. Posko Mudik Asyik BUMN terbagi dalam dua sesi, yakni Posko Arus Mudik pada 19-21 April 2023, serta Posko Arus Balik pada 25 April - 1 Mei 2023. 

"Jadi selama arus mudik hingga arus balik, para pengguna jasa bandara SAMS Sepinggan akan difasilitasi dengan baik di posko pelayanan Mudik Asyik BUMN. Melalui program ini, Pupuk Kaltim sebagai bagian dari BUMN memastikan hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan," lanjut Sugeng.

Sugeng berharap posko Mudik Asyik BUMN memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya pengguna jasa bandara Sepinggan pada arus mudik maupun arus balik lebaran tahun ini. Sugeng pun memastikan Pupuk Kaltim akan terus berupaya maksimal memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat. Tidak hanya pada hari besar keagamaan, tapi juga dalam mendukung seluruh sektor di Kalimantan Timur sesuai peran BUMN sebagai agen pembangunan. 

"Semoga program ini menjadi berkah dan memberi manfaat pada momen Idul Fitri tahun ini. Pupuk Kaltim pun memastikan untuk terus hadir ditengah masyarakat Kalimantan Timur, melalui kontribusi di berbagai sektor secara optimal," ucap Sugeng. 

Salah satu pemudik asal Bontang, Muhammad Nuralim, mengaku layanan Mudik Asyik BUMN yang digelar Pupuk Kaltim di bandara SAMS Sepinggan sangat bermanfaat, karena bisa istirahat sementara dengan beragam fasilitas yang bisa diakses secara gratis. Apalagi dengan durasi perjalanan darat dari Bontang ke Balikpapan yang mencapai enam jam, maka sarana seperti ini sangat dibutuhkan untuk melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan sesuai jadwal penerbangan. 

"Kami mau ke Surabaya, berempat bersama istri dan anak. Tadi diarahkan tim Pupuk Kaltim untuk istirahat disini, apalagi sudah enam jam perjalanan dari Bontang. Tidak menyangka ada layanan ini, ditambah fasilitasnya juga banyak dan gratis," ujar Nuralim.  

Nuralim menilai layanan seperti ini sudah sepatutnya ada karena sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat jarak antara Balikpapan dengan Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan Timur terbilang jauh. Sehingga pemudik yang menggunakan jasa bandara SAMS Sepinggan, dipastikan butuh tempat beristirahat usai menempuh perjalanan darat. 

"Istri saya sempat lemas karena mabuk perjalanan, tadi dipijat dan dikasih obat juga. Manfaat seperti ini sangat kami rasakan, sederhana tapi benar-benar dibutuhkan. Terima kasih Pupuk Kaltim, semoga program ini terus ada," harap Nuralim.

Warga Kabupaten Paser, Nurhayati yang berencana mudik ke Makassar Sulawesi Selatan menyebut layanan Mudik Asyik BUMN baru pertama kali ditemuinya, dan sangat membantu para pemudik sebelum melanjutkan penerbangan. Terlebih dengan pelayanan dan fasilitas yang memadai, memberikan kenyamanan bagi pemudik yang ingin istirahat sejenak di bandara.

"Karena kita ke bandara ini kan beberapa jam lewat darat, jadinya fisik lelah dan butuh istirahat. Alhamdulillah ada fasilitas dan layanan dari Pupuk Kaltim, kami pun merasa sangat terbantu. Seperti disediakan makanan dan minuman gratis, jadi bisa lebih hemat di perjalanan," kata Nurhayati.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement