Damkar Bekasi Berbagi Kiat Rumah Aman Ditinggal Mudik

Red: Ani Nursalikah

Rabu 26 Apr 2023 12:03 WIB

Damkar Bekasi Berbagi Kiat Rumah Aman Ditinggal Mudik Foto: istimewa Damkar Bekasi Berbagi Kiat Rumah Aman Ditinggal Mudik

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BEKASI -- Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membagikan kiat kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik pada momentum Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023.

"Beberapa tips ini penting untuk diterapkan agar rumah tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat ditinggal mudik," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Hasan Basri, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan kiat pertama adalah sebelum meninggalkan rumah, pastikan steker atau stop kontak peralatan elektronik seperti kulkas, dispenser, televisi, maupun pendingin ruangan serta peralatan dapur seperti kompor gas dalam keadaan tidak menyala.

Menurut dia, hubungan arus pendek pada listrik kerap menjadi pemicu utama beberapa kasus kebakaran rumah yang harus dihindari selama ditinggal pemilik.

Pemilik rumah pun wajib melaporkan situasi rumah kepada pihak RT maupun RW serta menitipkan kepada tetangga terdekat untuk dapat membantu mengawasi keamanan lingkungan secara saksama.

"Kedua adalah dengan melaporkan kepada pihak RT atau RW. Pastikan ketika meninggalkan rumah diketahui oleh RT atau RW di lingkungan tempat tinggal sehingga keamanan lingkungan bisa tetap terjaga sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Hasan mengaku fungsi pelaporan tersebut juga bertujuan mencegah kasus pencurian atau pembobolan rumah kosong oleh oknum tidak bertanggung jawab melalui kegiatan pengawasan lingkungan secara optimal.

Kiat terakhir ditujukan bagi pemudik yang memiliki hewan peliharaan agar menitipkan kepada kerabat atau tempat penitipan hewan terpercaya sehingga tidak telantar di dalam rumah. Khusus hewan peliharaan jenis reptil agar lebih diperhatikan dan tidak sembarangan melakukan penanganan selama ditinggalkan.

"Bagi warga yang memiliki hewan peliharaan sebaiknya dititipkan, jangan sampai ketika ditinggalkan apalagi dalam waktu yang lama tidak terpelihara. Sehingga menimbulkan masalah lain," katanya.

Hasan menyebutkan pada musim mudik tahun ini, Damkar Kabupaten Bekasi telah bersiaga melakukan antisipasi dengan menyiapkan personel lengkap selama masyarakat melaksanakan mudik. Respons cepat dan pengendalian terhadap gangguan maupun masalah menjadi fokus utama.

"Apabila ada insiden atau terjadi kebakaran, bisa langsung melaporkan ke Damkar. Kami sudah sampaikan nomor-nomor darurat yang dapat dihubungi. Jadi apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan, misalkan ada pengaduan baik itu terjadi insiden kebakaran atau gangguan hewan yang berbahaya, kita segera bertindak," kata dia.

Masyarakat bisa menghubungi nomor layanan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi di 021-22137870/021-22162577 (Kantor Pusat), 021-88336732 (Sektor Tambun Selatan), dan 021-89101527 (Sektor Cikarang Utara).(KR-PRA).

Terpopuler