Cara Masyarakat Arab Saudi Menyambut Sholat Idul Fitri

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 21 Apr 2023 12:03 WIB

 Warga kota Riyadh melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Jami, Riyadh, Arab Saudi. Cara Masyarakat Arab Saudi Menyambut Sholat Idul Fitri. (Fahad Shadeed/Reuters)

1

Sementara itu, orang tua akan pergi tidur setelah malam yang sibuk dengan tugas dan persiapan menit terakhir, anak-anak tetap terjaga untuk mengantisipasi. Masjid Al-Amoudi di distrik Al-Khalidiyyah Jeddah adalah tujuan orang yang mereka cintai.

“Semua orang akan pergi ke masjid itu juga, jadi itu adalah keputusan kolektif di mana Anda memulai Idul Fitri dengan berada di sekitar orang-orang yang penting bagi Anda, semuanya melakukan hal yang sama. Ada permen yang dibagikan di seluruh masjid. Anak perempuan dan laki-laki kecil semuanya mengenakan gaun dan thobes mereka yang menggemaskan, semua orang mengenakan abaya terindah mereka. Ada ketenangan di seluruh ruangan yang saya rasa saya ingat dengan sangat jelas," ujar Shamsi.

Sebagai seorang anak, dia mengharapkan bingkisan yang melimpah, permen, dan sejumlah kecil uang dari anggota keluarga di masa kecil. Seiring bertambahnya usia, dia mengaku merasa menyenangkan untuk mengambil cokelat itu dan memberikannya kepada anak-anak yang lebih muda.

"Jadi kami selalu pergi ke masjid dengan membawa sesuatu juga," kata Shamsi.

Terpopuler