Jumat 21 Apr 2023 08:23 WIB

Pemudik Naik Kapal Perang Tiba di Surabaya

KRI Banjarmasin-592 telah diangkut 199 pemudik dan 55 unit kendaraan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Esthi Maharani
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan TNI AL memberangkatkan peserta mudik lebaran gratis menggunakan kapal perang Indonesia (KRI) Banjarmasin 592 milik TNI AL.
Foto: Dok. BAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan TNI AL memberangkatkan peserta mudik lebaran gratis menggunakan kapal perang Indonesia (KRI) Banjarmasin 592 milik TNI AL.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — KRI Banjarmasin-592 telah selesai memberikan dukungan angkutan laut mudik gratis naik kapal perang. Selesainya misi KRI BJM-592 ditandai debarkasi pemudik di Dermaga Madura Komando Armada II, Surabaya, Kamis (20/4/2023) lalu. Dari perjalanan tersebut, telah diangkut 199 pemudik dan 55 unit kendaraan.

“Selamat datang kepada para pemudik dan menyampaikan ungkapan rasa syukurnya seluruh kegiatan dukungan angkutan laut gratis bagi pemudik dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” ujar Komandan Lantamal V Surabaya, Laksma TNI Supardi, dalam siaran pers, Jumat (21/4/2023).

Kedatangan KRI Banjarmasin-592 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo disambut oleh Komandan Lantamal V Surabaya Laksma TNI Supardi sejumlah pejabat Satlinlamil II. Bagi pemudik tanpa kendaraan bermotor, Lantamal V dan Satlinlamil II memfasilitasi bus untuk pengantaran keluar dari Basis TNI AL sampai dengan Jalan Jakarta, Surabaya, guna memudahkan mereka mendapatkan transportasi lanjutan untuk sampai tempat tujuan masing-masing.

Untuk berikutnya, pada tanggal 25 April 2023 mendatang KRI Banjarmasin-592 akan kembali menjalankan misinya untuk mendukung arus balik dari Surabaya menuju Semarang dan Jakarta. Kolinlamil sebagai leading sector kegiatan tersebut masih membuka pendaftaran bagi warga masyarakat yang berminat merasakan sensasinya naik kapal perang.

“TNI AL membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang akan balik ke Semarang dan Jakarta dengan jalur laut dengan kapal perang, seluruhnya gratis,” Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksda TNI Yayan Sofiyan.

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali, saat akan melepas keberangkatan KRI Banjarmasin-592 dari dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu menyampaikan arahannya agar seluruh prajurit KRI Banjarmasin-592 harus mampu memberikan layanan terbaik bagi warga masyarakat.

“Ciptakan suasana kebersamaan dan kekeluargaan antara prajurit TNI AL dengan warga masyarakat sehingga tercipta soliditas yang bermuara pada kepercayaan masyarakat pada institusi TNI AL,” jelas dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement