Mudik Naik Kendaraan Pribadi? Hindari Bergadang Sebelum Perjalanan

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

 Jumat 21 Apr 2023 06:42 WIB

Mudik pakai kendaraan pribadi (ilustrasi). Anda dusarankan tidak begadang apabila keesokan harinya akan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Foto: Republika/Mardiah Mudik pakai kendaraan pribadi (ilustrasi). Anda dusarankan tidak begadang apabila keesokan harinya akan mudik menggunakan kendaraan...

Pemudik disarankan istirahat cukup sebelum berangkat ke kampung halaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis penyakit dalam atau internis dr Aru Ariadno mengimbau para pemudik menghindari bergadang sebelum melakukan perjalanan. Menurut dia, para pemudik harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, salah satunya soal fisik.

"Melihat kondisi tubuh apalagi sebagai pengendara yang membutuhkan konsentrasi baik," kata dr Aru pada Kamis (20/4/2023) malam.

Baca Juga

Dr Aru yang menyelesaikan pendidikan dokter spesialis penyakit dalam di Universitas Gadjah Mada mengingatkan, pemudik agar istirahat cukup sebelum berangkat ke kampung halaman. Oleh karena itu, pemudik perlu memperhatikanjam tidur sebelum bepergian dan hindari bergadang semalaman.

Pemudik diminta tidakmemaksakan diri untuk melakukan perjalanan bila merasa badan lelah atau mengantuk, sebaiknya berhentilalu beristirahat jika kondisi badan sudah menunjukkan tanda-tanda letih. Selain persiapan fisik, dr Aru menilai mempersiapkan camilan atau makanan ringan juga perlu diperhatikan para pemudik.

Camilan dapat mengantisipasi rasa lapar saat di perjalanan, terutama jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan macet. Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum dan saat perjalanan mudik juga tidak kalah penting.

Dr Aru melarang pemudik mengonsumsi alkohol dan obat-obatan yang mengandung zat yang bisa menyebabkan kantuk supaya pemudik, terutama yang berkendara, tidak mengantuk dan tetap fokus.

Selain itu, usahakan tidak terlalu kenyang karena kekenyangan dapat menyebabkan kantuk. Dr Aru menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang berserat sebelum berangkat mudik. Pemudik juga perlu membawa air putih secukupnya untuk rehidrasi tubuh saat berkendara dan makanan yang bersih serta bergizi supaya terhindar dari penyakit selama perjalanan mudik.

"Makan dan minum yang sesuai selama perjalanan. Usahakan tinggi seratsehingga mengurangi rasa lapar lebih cepat," ujar dr Aru.

Terakhir, pemudik perlu menyiapkan rute jalan terbaik supaya bisa mengantisipasi kemacetan di beberapa titik dan menyesuaikan jam berangkat sesuai dengan kondisi jalan. Aru kembali menekankan untuk segera beristirahat ketika tubuh merasa letih.

"Bila perlu disiapkan pengendara cadangan," kata dr Aru.

Berita Lainnya