Jokowi Minta Masyarakat Utamakan Keselamatan Saat Mudik

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 21 Apr 2023 07:03 WIB

Presiden Jokowi. Presiden Jokowi meminta masyarakat utamakan keselamatan saat mudik. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Jokowi. Presiden Jokowi meminta masyarakat utamakan keselamatan saat mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat berbondong-bondong melakukan mudik ke kampung halaman. Pada tahun ini, jumlah masyarakat yang melakukan mudik pun diperkirakan mengalami lonjakan yang cukup besar.

Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat yang akan melakukan mudik agar mengutamakan keselamatan.

Baca Juga

"Tahun ini diperkirakan ada lompatan besar jumlah masyarakat yang mudik. Ke mana pun Anda mudik, dengan kendaraan apa pun, pesan saya hanya satu: utamakan keselamatan," kata Jokowi dalam akun Instagram resminya, dikutip pada Kamis (20/4/2023).

Jokowi mengatakan, masyarakat senang berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

"Lebaran menjelang, jutaan orang mudik ke kampung halaman. Semua senang berkumpul dengan orang tua, sanak saudara dan handai taulan merayakan hari kemenangan," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan, jumlah pemudik pada tahun ini melonjak signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni dari 86 juta menjadi 123 juta masyarakat.

"Karena kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin 86 (juta), ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati," ujar Jokowi.

Karena itu, ia meminta jajarannya melakukan antisipasi agar perjalanan mudik bisa berjalan lancar. Jokowi mengatakan sudah menginstruksikan Menteri Perhubungan, Kapolri, dan juga Menteri BUMN untuk menyiapkan seluruh moda transportasi dan mengantisipasi kemacetan guna mendukung kelancaran mudik lebaran pada tahun ini.

Terpopuler