Kamis 20 Apr 2023 18:57 WIB

Ini Dua Surah Pendek yang Disunnahkan Dibaca setelah Al-Fatihah dalam Sholat Idul Fitri

Sebagian Muslim di Indonesia mulai Sholat Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sholat idul fitri.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Ilustrasi sholat idul fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara umum, tata cara dan bacaan sholat idul fitri tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah kesunahan membaca takbir, tasbih, tahmid serta surah-surah khususnya. Dalam hal ini, ada dua surah Alquran yang lebih utama (afdhol) dibaca oleh imam sholat Idul Fitri.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan, Rasulullah SAW selalu membaca Surah Al A'la setelah Surah Al Fatihah pada rakaat pertama dalam sholat Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Sedangkan pada rakaat kedua selepas Al Fatihah, Rasulullah SAW membaca Surah Al Ghasyiyah.

Baca Juga

Diriwayatkan An-Numan Ibnu Basyir yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW acapkali membaca Surah Al-Ala dan Surah Al-Ghasyiyah dalam shalat hari raya dan shalat Jumat.

Surah Al A'la artinya Yang Paling Tinggi, termasuk surah Makkiyah, 19 ayat turun sesudah Surah At-Takwir. Surah Al-Ala ini adalah surah Makkiyyah.

Sedangkan Surah Al Ghasyiyah artinya Hari Pembalasan, termasuk surah Makkiyah, 26 ayat, diturunkan sesudah Surah Adz-Dzariyat.

Sholat Idul Fitri merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal. Sholat Sunnah ini dikerjakan selepas terbit matahari hingga tergelincirnya waktu dzuhur tiba. Mengerjakan sholat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah.

Surah al-A'la

Klik halaman berikut

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement