Jalin dan Baznas Sediakan Berbagai Layanan Gratis di Posko Mudik Bagi Masyarakat

Red: Agus Yulianto

Kamis 20 Apr 2023 14:30 WIB

Sejumlah pemudik tujuan Sumatra tengah beristirahat di Posko Mudik Lebaran 1444 H yang digelar Jalin bekerja sama denngan Baznas. Foto: Istimewa Sejumlah pemudik tujuan Sumatra tengah beristirahat di Posko Mudik Lebaran 1444 H yang digelar Jalin bekerja sama denngan Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Menjelang libur lebaran Idul Fitri 1444 H, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) turut mendukung keselamatan dan menjaga kesehatan masyarakat terutama dalam perjalanan arus mudik dan balik dengan membuka Posko Mudik Lebaran 1444 H. 

Kegiatan ini merupakan program kerja sama Jalin dengan Baznas yang dilaksanakan selama enam hari mulai H3 Lebaran (19-21 April 2023) dan H+3 arus balik lebaran (23-25 April 2023) di dua titik layanan yaitu di Alun-Alun Kramatwatu (arus mudik) dan Masjid Baitul Muslimin (arus balik), Kabupaten Serang, Banten.

 

photo
PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bersama dengan Baznas turut mendukung keselamatan dan menjaga kesehatan masyarakat dalam mudik Lebaran 1444 H. - (Istimewa)

 

Direktur Utama Ario Tejo Bayu Aji menjelaskan, bahwa puncak arus mudik diperkirakan pada Rabu (19/4) atau H-3 dan Kamis (20/4) atau H-2, dan puncak arus balik 1 pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2, dan puncak arus balik kedua pada Ahad (30/4) atau H+7 dan Senin (1/5) atau H+8 yang bertepatan dengan libur Hari Buruh.

“Sehubungan ketetapan Pemerintah terkait Libur Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri 1444 H pada 19-25 April 2023, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen ini dengan baik untuk dapat kembali berkumpul dengan keluarga tercinta setelah pembatasan-pembatasan di masa pandemi yang dilakukan Pemerintah tiga tahun ke belakang," kata Ario dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (20/4/2023)

"Di momen ini, Jalin ingin hadir di tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan publik terbaik melalui keberadaan posko mudik agar dapat membantu masyarakat melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman dengan nyaman, aman dan selamat," tambah Ario.

Selama periode Libur Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri 1444 H, Jalin menyediakan posko mudik di jalur non-tol dengan berbagai fasilitas dan kebutuhan dasar yang dapat dinikmati para pemudik roda dua dan transpotasi umum di antaranya layanan tempat istirahat, dapur air, takjil gratis, charger ponsel, dan layanan kesehatan. Baznas pun juga menyediakan layanan bayar zakat bagi masyarakat yang ingin menunaikan kewajibannya di pos siaga yang terletak di rest area.

“Saya dan keluarga berangkat mudik dari Balaraja dengan sepeda motor dan sengaja singgah di posko mudik ini karena ingin beristirahat dulu sebelum kami naik kapal laut menyebrang dari Merak ke Bakauheni. Kami sangat terbantu sekali karena posko mudik ini tempat yang aman dan nyaman untuk kami istirahat, bahkan petugasnya sigap membantu kami memesankan tiket kapal laut dengan pembayaran transfer," ucap Handoko, pemudik yang akan pulang ke Prabumulih, Sumatera Selatan.

Ario menambahkan, bahwa Jalin ingin para pemudik mendapatkan manfaat dari posko mudik yang telah disediakan di Kabupaten Serang sebagai salah satu jalur yang cukup padat dilewati oleh para pemudik untuk menuju pelabuhan Merak. Ario menegaskan, bahwa keberadaan posko ini dapat membantu mengurangi risiko kelelahan dan kecelakaan, serta memastikan para pemudik dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan mereka.

Penyediaan posko mudik oleh Jalin merupakan salah satu pelaksanaan program-program sosial kemasyarakatan Perusahaan yang dalam momen libur lebaran ini kembali berkolaborasi dengan Baznas. Jalin dan Baznas secara konsisten sejak 2019 telah melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan diantaranya program 'Jalin Patungan Kurban', 'Program 1.000 Hidangan Berkah Ramadan', dan 'Bantuan 100 Paket Alquran'.

"Saya berterima kasih kepada Baznas atas sinerginya untuk bersama mendukung program tanggung jawab sosial Perusahaan, khususnya untuk memberikan kemudahan bagi para pemudik. Kami berharap dapat senantiasa hadir memberikan kontribusi ditengah masyarakat setiap tahunnya dengan mengadakan program-program yang tepat guna dan dapat memberikan dampak positif," ujar Ario.

Program sosial kemasyarakatan yang diberikan oleh Jalin merupakan bentuk tanggung jawab sosial Perusahaan yang selaras dengan semangat dan visi perusahaan sebagai ‘The National Digital Highway’ dalam menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non-finansial untuk mendorong inklusi keuangan nasional.

Hal ini juga merupakan sarana pengenalan Perusahaan di tengah masyarakat Indonesia dan dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat terhadap Perusahaan, khususnya peran Jalin sebagai salah satu pelaku industri sistem pembayaran terbesar di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan dan sejalan dengan penyediaan posko mudik, Jalin juga berkontribusi dalam mengantisipasi potensi lonjakan layanan transaksi pembayaran di ATM, debit, digital banking maupun QRIS sehubungan dengan lebih dari 123,8 juta orang potensi pergerakan masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran tahun 2023. Jalin memastikan kualitas layanan keuangan beroperasi secara maksimal, normal dan stabil bagi para nasabah perbankan dan non-perbankan di periode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) dengan menyiagakan Posko RAFI 24 jam terhitung sejak 15 April - 1 Mei 2023.