Tiga Tahun Lalu Masjidil Haram Kosong, Kini Dipadati Jamaah

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 20 Apr 2023 13:44 WIB

Lebih dari 2,5 juta jamaah, termasuk jamaah umroh dan pengunjung, menghadiri sholat Khotmil Quran pada Rabu (19/4/2023) atau malam ke-28 di bulan suci Ramadhan, di Masjidil Haram di Makkah. Tiga Tahun Lalu Masjidil Haram Kosong, Kini Dipadati Jamaah Foto: Saudi Gazette Lebih dari 2,5 juta jamaah, termasuk jamaah umroh dan pengunjung, menghadiri sholat Khotmil Quran pada Rabu (19/4/2023) atau malam ke-28 di bulan suci Ramadhan, di Masjidil Haram di Makkah. Tiga Tahun Lalu Masjidil Haram Kosong, Kini Dipadati Jamaah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah menerbitkan dua gambar Masjidil Haram dan membandingkan keramaian di Masjid suci itu dengan Ramadhan tiga tahun yang lalu. Gambar pertama diambil tahun 1441 H dan yang kedua tahun 1444 H, dengan imbuhan komentar "Dari duka menjadi lega."

"Dengan penurunan pandemi, umat Islam dengan cepat kembali ke Dua Masjid Suci," ujar Al-Rabiah, dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

Al-Rabiah juga memuji upaya Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota atas perhatian mereka terhadap kenyamanan, keamanan, dan pelayanan jamaah di Masjid suci. Gambar pertama menunjukkan pelataran thawaf benar-benar kosong dari jamaah dan jamaah umroh pada tahun 1441 H selama wabah Covid-19, sedangkan gambar kedua menunjukkan Masjidil Haram terisi penuh oleh jamaah dan jamaah umroh.

photo
Suasana Masjidil Haram di tengan pandemi Covid-19. - (Anadolu Agency)

Jamaah juga memenuhi dan semua area di sekitarnya. Patut dicatat Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengungkapkan pada hari Selasa bahwa Masjid Agung di Makkah menerima lebih dari 2,6 juta jamaah dan peziarah pada malam 27 Ramadhan.