Volume Kendaraan Lalui Tol Fungsional Cisumdawu Meningkat

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Indira Rezkisari

Kamis 20 Apr 2023 10:28 WIB

Foto udara kendaraan melintas di jalur fungsional Tol Cisumdawu di Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Jalur fungsional Tol Cisumdawu yang dimulai dari gerbang tol (GT) Cimalaka hingga gerbang tol (GT) Ujung Jaya tersebut sudah dapat dilalui mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pada H-4 lebaran hingga pukul 11.00 WIB arus mudik di jalur tersebut terpantau lengang. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Foto udara kendaraan melintas di jalur fungsional Tol Cisumdawu di Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Jalur fungsional Tol Cisumdawu yang dimulai dari gerbang tol (GT) Cimalaka hingga gerbang tol (GT) Ujung Jaya tersebut sudah dapat dilalui mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pada H-4 lebaran hingga pukul 11.00 WIB arus mudik di jalur tersebut terpantau lengang.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Volume kendaraan yang melewati ruas tol fungsional Cisumdawu yang dimulai dari Gerbang Tol (GT) Cimalaka hingga GT Ujung Jaya mulai mengalami peningkatan. Pemudik diharapkan tetap berhati-hati karena kondisi jalan yang belum stabil dan masih adanya proses pengerjaan jalan serta fasilitas pendukung yang dilakukan.

"Baru ada peningkatan volume dua hari terakhir ini," ujar Kapolsek Conggeang, AKP Adang Subari, kepada Republika di Rest Area Sementara KM 194 Ruas Tol Fungsional Cisumdawu, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

Penanggung jawab pengamanan rest area sementara KM 194 itu mengatakan, rest area dioperasikan untuk mengantisipasi pemudik yang hendak ke kamar kecil, sholat, mengisi BBM. Pantauan Republika, kamar kecil yang tersedia merupakan kamar kecil portabel berjumlah delapan bilik, masing-masing empat bilik untuk laki-laki dan perempuan.

Republika memasuki jalur tol fungsional itu sekira pukul 07.45 WIB. Sekitar pukul 08.00 WIB, Republika tiba di rest area tersebut dan belum banyak dihampiri pemudik. Berdasarkan pengamatan Republika, belum terlihat dengan jelas penunjuk arah rest area sementara yang berada di sisi kanan jalur tersebut.

"Kurang terlihat penunjuk arahnya. Terlalu kecil dan dekat dengan lokasi padahal lokasinya di sebelah kanan, beda sama rest area umumnya di sebelah kiri. Adanya cone jalan juga agak buat bingung," jelas Malina, pemudik yang hendak menuju Semarang dari arah Bandung.

Adang menjelaskan, rest area sementara itu akan digunakan bukan hanya ketika arus mudik saja, tetapi juga saat arus balik. Lokasi rest area tidak akan berubah. Yang membedakan, saat arus mudik, ruas tol fungsional hanya untuk satu arah mengarah ke GT Ujung Jaya sehingga rest area tersebut berada di sisi kanan jalan.

Setelah melanjutkan perjalanan, Republika tak lagi menemui rest area di ruas tol fungsional tersebut. Republika baru menemui rest area terdekat di KM 207 ruas tol Cipali.

Terpopuler