Bima Arya Persilakan Warga Muhammadiyah Sholat Idul Fitri di Lapangan Sempur

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 20 Apr 2023 10:18 WIB

Sejumlah umat Islam melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/5/2022). Bima Arya Persilakan Warga Muhammadiyah Sholat Idul Fitri di Lapangan Sempur Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya Sejumlah umat Islam melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/5/2022). Bima Arya Persilakan Warga Muhammadiyah Sholat Idul Fitri di Lapangan Sempur

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengizinkan dan mempersilakan warga Muhammadiyah menggunakan Lapangan Sempur untuk sholat Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah menerima pengajuan izin dari Muhammadiyah Kota Bogor untuk menggelar sholat Id di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (21/4/2023).

“Muhammadiyah mengajukan surat untuk penggunaan Lapangan Sempur. Langsung kami izinkan kalau lebarannya mendahului. Kalau umpamanya di tanggal 21 April dan tanggal 22 April pemerintah, maka silakan 21 April Lapangan Sempur dipakai,” kata Bima Arya, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

Bima Arya mengatakan Pemkot Bogor sendiri akan menggelar sholat Id di lapangan Kebun Raya Bogor pada Sabtu (22/4/2023). Bima Arya dan wakilnya, Dedie A. Rachim, akan merayakan Idul Fitri 1444 Hijriyah mengikuti keputusan Pemerintah Pusat.

Kendati demikian, apabila Pemerintah Pusat memutuskan lebaran Idul Fitri jatuh pada Jumat (21/4/2023) atau bersamaan dengan Muhammadiyah, maka sholat Id akan digelar bersama-sama di Lapangan Sempur.

“Kalau misalnya mungkin lebarannya bersama-sama tanggal 21 April, maka kita akan sholat Id bersama-sama di lapangan Sempur. Baik Muhammadiyah, NU, maupun lain-lain. Kalau saya dan pak wakil pastinya mengikuti pemerintah,” ujarnya.

Pengelola Kebun Raya Bogor, PT Mitra Natura Raya (MNR) akan menggelar Sholat Idul Fitri di dalam area Kebun Raya Bogor bagi masyarakat. Seperti yang sudah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini akan dilaksanakan di area lapangan rumput di dekat pintu 3 Kebun Raya Bogor, yaitu Reinwardt Avenue.

General Corporate Communication PT MNR Zaenal Arifin menyampaikan antusiasmenya menyambut sholat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor sebagai jendela silaturahim bagi seluruh elemen masyarakat di Kota Bogor untuk kembali fitrah. Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Kebun Raya Bogor akan diisi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor Tubagus Muhidin sebagai khatib dan imam sholat oleh Ilham Waliyudin yang saat ini sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Rijalul Quran.

“Ini menjadi sebuah kesempatan yang sangat kami syukuri untuk dapat kembali melaksanakan sholat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor yang sudah menjadi sebuah tradisi tahunan bagi masyarakat di Kota Bogor,“ kata Zaenal.