Cuti Bersama Dimulai, Terminal Kampung Rambutan Padat Pemudik

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan

 Kamis 20 Apr 2023 08:03 WIB

Kondisi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur mulai padat pada Rabu (19/4/2023). Jelang malam, pemudik mulai berdatangan dan memadati terminal. Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam Kondisi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur mulai padat pada Rabu (19/4/2023). Jelang malam, pemudik mulai berdatangan dan memadati...

Pemudik di Terminal Kampung Rambutan semakin padat seiring cuti lebaran dimulai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur mulai padat oleh pemudik pada Rabu (19/4/2023) malam. Peningkatan ini sejalan dengan dimulainya pelaksanaan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri yang berlangsung pada hari ini hingga 25 April.

Pantauan Republika.co.id di terminal, jumlah pemudik meningkat tajam pada malam ini jika dibandingkan dengan kondisi pada siang tadi. Kepadatan terpantau di setiap bagian ruang tunggu Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Ruang tunggu untuk loket tiket bus Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Sumatera penuh oleh pemudik.

Baca Juga

Kondisi ini sesuai dengan prediksi Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Romadhoni yang menyebut puncak arus mudik akan terjadi pada sore ini hingga besok. Situasi ini  juga sesuai dengan tren peningkatan jumlah pemudik yang telah berlangsung sejak 14 April lalu.

"Prediksi untuk puncak arus mudik kemungkinan di hari ini. Antara hari ini dengan besok atau tanggal 20 besok," jelas Yulza Romadhoni kepada Republika.co.id, saat ditemui di kantornya, Rabu (19/4/2023).

Dia juga mengklaim, hingga kini belum ada kendala terkait daya tampung terminal untuk menampung pemudik. Pihaknya berfokus pada kesiapan perusahaan otobus dalam memenuhi permintaan tiket penumpang.

"Kita lihat situasional, kita persiapkan kemungkinan-kemungkinan kalaupun ada puncak lonjakan arus mudik dan tidak tertampung dengan bus-bus regular yang ada. Kita akan koordinasi dengan perusahaan bus yang lain untuk menyiapkan bus-bus mereka yang cadangan," ujarnya.

Berita Lainnya