Makanan Lebaran tak Hanya Ketupat-Opor, Nasi Kebuli Sapi Bisa Jadi Pilihan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

 Rabu 19 Apr 2023 21:43 WIB

Nasi kebuli (ilustrasi). Nasi kebuli bisa menjadi menu alternnatif saat Lebaran. Foto: Dok chef Fajar Nasi kebuli (ilustrasi). Nasi kebuli bisa menjadi menu alternnatif saat...

Pada Lebaran hari kedua, biasanya masyarakat mencari makanan selain ketupat dan opor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menu Lebaran hari pertama biasanya tidak jauh dari ketupat, opor ayam, sayur pepaya, sambal goreng kentang, dan rendang. Menu tersebut memang menggugah selera. Namun biasanya pada Lebaran kedua orang-orang mulai mencari alternatif makanan lain selain ketupat dan opor.

Kira-kira menu apa yang bisa dijadikan pengganti menu Lebaran yang membosankan?Master Chef S6 & Entrepreneur “Lele Crispy Indonesia", Chef Fajar Alam Setiabudi, mengatakan Anda bisa membuat nasi kebuli daging pakai rice cooker.

Baca Juga

"Biar enggak melulu makan ketupat, apalagi sudah sowan ke saudara dan tetangga, masakan sat set, cuma ibaratnya masak cemplang cemplung cemplang cemplung, tinggal tidur sudah jadi, yaitu masak nasi kebuli daging pakai rice cooker," ujarnya usai acara media workshop yang bertajuk “Cinta Pakai Mecin, Why Not?”, Senin (16/4/2023).

Menurutnya, menu ini sangat simpel dan mudah dibuat. Hanya dengan rice cooker saja bisa jadi dan enak. "Waktu yang dipakai sesuai dengan waktu biasa masak di rice cooker. Tinggal pencet," ujarnya.

Chef Fajar mengatakan, daging yang digunakan untuk menu ini adalah daging sapi. Namun, jika Anda ingin membuatnya dengan daging kambing atau ayam pun bisa. "Masak itu tidak baku, luwes, ini mau daging kambing bisa, tapi kalau kambing harus dipresto dulu, karena dagingnya lebih alot, kecuali kambing muda," ujarnya.

Dia mengatakan, dagingnya juga bisa diganti dengan ayam. "Ayam dipotong kotak-kotak bisa. Untuk daging ayam aroma kebuli bisa didapatkan dari minyak samin dan kapulaga," ujarnya.

Menurut dia, nasi kebuli daging tersebut ebih nikmat bisa dimakan bersama emping atau kerupuk udang, acar, dan sambal. "Udah enak banget, lezat," ujarnya.

Berikut ini resep nasi kebuli daging yang bisa Anda contek untuk Lebaran:

Bahan-bahan :

-500 gr beras basmati

-800 ml air

-500 gr daging sapi (potong kotak-kotak ukuran 1x1 cm)

-200 gr bawang bombai

-5 sdt bawang putih

-1 1/2 sdm bubuk bumbu kebuli

-2 sdm minyak samin

-1 sdt garam

-1 sdt penyedap rasa

Cara membuat:

1. Gunakan beras basmati yang sudah dicuci, ditambahkan bubuk nasi kebuli siap pakai dan garam serta penyedap rasa. Masukkan ke dalam rice cooker.

2. Kemudian tambahkan daging yang sebelumnya sudah ditumis dengan bawang putih, bawang bombai, dan minyak samin.

3. Campurkan daging tersebut ke beras sampai merata, kemudian tambahkan air dan kapulaga.

4. Masak di rice cooker dengan menekan tombol cook.

5. Tunggu hingga matang, nasi kebuli siap disajikan.

 

Berita Lainnya