Tak Perlu Beli Air MIneral, Stasiun Gambir Sediakan Water Station untuk Pemudik

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Rabu 19 Apr 2023 20:27 WIB

Pemudik menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir (ilustrasi). Pada mudik tahun ini, Stasiun Gambir menyediakan water station untuk pemudik. Foto: Republika/Putra M. Akbar Pemudik menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir (ilustrasi). Pada mudik tahun ini, Stasiun Gambir menyediakan water station untuk pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perbaikan hingga menambah fasilitas publik yang ada di Stasiun Gambir, Jakarta. Salah satu fasilitas yang ditambah di Stasiun Gambir khusus untuk menyambut para pemudik Lebaran tahun ini adalah water station.

Water station diletakkan di empat titik, yaitu dua di area hall bawah dan dua di area peron. Para pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak perlu membeli air mineral karena telah disediakan fasilitas berupa water station, sehingga penumpang KA bisa mengisi ulang air minum ke botol mereka.

Baca Juga

Penambahan berbagai fasilitas di Stasiun Gambir untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang kereta api (KA) selama mudik Lebaran 2023. "Untuk Stasiun Gambir, kami menyediakan fasilitas bagi pengguna jasa KA jarak jauh dari sisi ketersediaan fasilitas, seperti lift dan eskalator untuk bisa menuju area peron," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa saat ditemui Antara di Jakarta, Rabu (18/4/2023).

Eva menyebutkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh PT KAI di Stasiun Gambir adalah adanya lift dan eskalator demi memudahkan para pemudik untuk menuju peron dari ruang tunggu. Selain itu, terdapat juga penambahan kursi tunggu, sehingga totalnya saat ini sebanyak 1.650 kursi dari sekitar 1.500 kursi yang tersebar di berbagai titik mulai dari zona 1, yaitu zona steril area peron, zona 2 dan zona 3, yaitu area sebelum boarding.

Selain itu, di Stasiun Gambir juga disediakan fasilitas publik yang sangat nyaman seperti toilet, mushala hingga mesin pencetak tiket yang terletak di lebih dari delapan titik, sehingga penumpang KA tidak perlu mengantre ketika mencetak tiket. Selanjutnya, KAI sekaligus menyediakan fasilitas lain seperti ruang menyusui dan pos kesehatan untuk pemeriksaan penumpang KA secara umum maupun ibu hamil.

"Jadi, ibu hamil yang akan melakukan perjalanan jarak jauh akan dilakukan pemeriksaan kesehatan," ujar Eva.

Ia menjelaskan, pada pos kesehatan yang disediakan di Stasiun Gambir dijaga secara langsung oleh dokter dari KAI dengan dilengkapi perangkat pemeriksaan kesehatan seperti alat pacu jantung dan oksigen sekaligus vaksinasi Covid-19. Khusus untuk layanan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Gambir dibuka mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, sehingga calon penumpang diimbau untuk melakukan vaksinasi maksimal H-1 sebelum keberangkatan.

Sementara untuk protokol kesehatan (prokes), fasilitas cuci tangan dan handsanitizer tetap disediakan di banyak titik di Stasiun Gambir, sehingga bisa dimanfaatkan oleh para penumpang KA. "Jadi, untuk dapat memenuhi pengguna yang masih kesulitan mencari area vaksin karena belum divaksin ini kita sediakan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen," kata Eva.