Dukung Arus Mudik, Pemprov Jawa Tengah Buka Rest Area Alternatif di Tuntang KM 444 B

Red: Erdy Nasrul

Rabu 19 Apr 2023 19:33 WIB

Ilustrasi pemudik beristirahat di Rest Area. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Ilustrasi pemudik beristirahat di Rest Area.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka tempat istirahat (rest area) fungsional di Jalan Tol Semarang-Solo KM 444 B, Tuntang, Kabupaten Semarang, sebagai upaya mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2023.

"Ini merupakan tindak lanjut permintaan Trans Marga Jateng terkait penambahan rest area dan Bapak Gubernur serta Sekda Jateng yang memberikan arahan untuk memfungsikan," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jateng Djarwanto Dwiatmoko di Kabupaten Semarang, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga

Ia mengharapkan tempat istirahat fungsional yang menempati lahan seluas dua hektare itu bisa dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke kampung halaman masing-masing.

"Para pemudik yang di tol jalur B dari arah Solo atau Surabaya menuju Semarang dan Jakarta silakan mampir ke rest area yang cukup nyaman ini," ujarnya.

Ia menyebut tempat istirahat fungsional ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti stasiun pengisian BBM mini, puluhan toilet, gerai UMKM kuliner binaan Pemprov Jateng, serta mushala bantuan Baznas Jateng.

"Berbagai kuliner dari pelaku UMKM Jateng, toilet cukup banyak, sehingga tidak perlu antre, bisa isi BBM, ada posko layanan kesehatan, serta posko layanan informasi tentang kepariwisataan," katanya.

Djarwanto mengungkapkan Pemprov Jateng akan membangun tempat istirahat terpadu yang permanen di titik yang sama dengan luas lahan total tujuh hektare.

"Setelah digunakan secara fungsional, nanti dibangun rest area permanen. Kami berharap pemudik nyaman di rest area ini dan pemerintah memastikan itu semua," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di Jalan Tol Semarang-Solo, kendaraan pemudik dari berbagai daerah mulai memadati jalur A pada arus mudik Lebaran 2023, sedangkan arus kendaraan pada jalur B masih tampak lengang.