Idul Fitri di Palestina 21 April, Ini Harapan Warga

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 19 Apr 2023 13:09 WIB

 Seorang anak Palestina bermain bersama ayahnya berpose dengan latar Masjid Kubah Batu usai melaksanakan sholat Idul Fitri di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem beberapa tahun lalu.  Foto: AP/Mahmoud Illean Seorang anak Palestina bermain bersama ayahnya berpose dengan latar Masjid Kubah Batu usai melaksanakan sholat Idul Fitri di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem beberapa tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,RAMALLAH -- Persiapan sedang dilakukan oleh warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 21 April. Warga Palestina berharap Perayaan Idul Fitri tahun ini berjalan lancar di tengah ancaman serangan pemukim Yahudi dan agresi polisi Israel.

Pasar-pasar ramai dikunjungi pembeli dan banyak toko yang tetap buka hingga lewat tengah malam. Penjual manisan, tukang daging, tukang cukur, toko pakaian dan sepatu, toko mainan, toko perhiasan, toko suvenir, dan kafe, semuanya melaporkan bahwa bisnis mereka tetap ramai hingga larut malam.

Baca Juga

Polisi lalu lintas telah menutup jalan-jalan di pusat kota untuk lalu lintas kendaraan untuk memberikan keleluasaan bergerak bagi para pembeli dan membantu para pedagang yang memajang barang dagangannya di kios-kios pinggir jalan.

Pada hari Selasa (18/4/2023), pemerintah Palestina memberikan uang muka sebesar 30 persen dari gaji bulan April kepada para pegawai sektor publik agar mereka dapat membeli kebutuhan lebaran yang mereka perlukan. Selain itu, bulan ini pemerintah akan membayar gaji mereka secara penuh untuk pertama kalinya dalam satu tahun terakhir, setelah pemotongan gaji karena krisis keuangan yang parah.

Sementara itu, para pembeli dihadapkan pada kenaikan tajam harga-harga barang selama bulan Ramadan, sebuah tren yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir liburan Idul Fitri. Keluarga-keluarga berpenghasilan rendah yang menghadapi kesulitan tertentu telah menerima bantuan dari badan-badan amal selama bulan suci ini.

Dalam beberapa hari terakhir bulan Ramadan, acara buka puasa bersama terus berlanjut di rumah-rumah dan restoran, dan jumlah orang yang berusaha untuk berkumpul bersama keluarga dan teman telah meningkat.

Duha Asous, dari desa Burin, dekat Nablus, menghabiskan Lailatul Qadar (Malam Kekuasaan) di Masjid Al-Aqsa. Malam tersuci dalam setahun bagi umat Islam, yang menandai malam diturunkannya Al-Qur\'an dari Surga ke dunia, dirayakan pada salah satu malam ganjil selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Asous kemudian kembali ke rumah untuk mulai membuat kue-kue khas Idul Fitri, sebuah tradisi yang ia warisi dari ibunya. Pada setiap tiga hari terakhir di bulan suci, ia membuat 4 kilogram kue kurma dan kenari dan membagikannya kepada tetangga, kerabat, dan orang miskin.

Amer Izz Al-Din Hamdan, dari kota tua Nablus, mengatakan kepada Arab News bahwa kemacetan lalu lintas sejak belanja Idul Fitri dimulai dengan sungguh-sungguh belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun ini.

"Nablus terkenal dengan pembuatan manisan oriental berkualitas tinggi dan khas, selain pemanggang kacang yang terkenal," katanya.

"Harganya lebih murah daripada di kota-kota tetangga, sementara kualitasnya lebih tinggi, sehingga para pembeli dari desa-desa dan kota-kota di sekitarnya berbondong-bondong datang ke Nablus untuk berbelanja."

Banyak warga Palestina yang tinggal di Israel juga datang untuk berbelanja di kota-kota Tepi Barat menjelang Idul Fitri, sehingga memberikan dorongan bagi perekonomian setempat.

Hamdan mengatakan bahwa ia suka berbelanja bersama anak-anaknya seminggu sebelum Idul Fitri, untuk menghindari keramaian. Sesuai dengan tradisi setempat, ia membeli ikan asin untuk dimakan pada pagi hari Idul Fitri. Kue-kue musiman, cokelat, kopi dan kacang-kacangan adalah makanan khas lainnya, tambahnya, dan keluarganya juga membakar dupa di rumah pada pagi hari Idul Fitri.

"Suasana sukacita terasa di pasar-pasar di Nablus, yang penuh sesak dengan pembeli," kata Hamdan. "Sebagian besar keluarga meninggalkan rumah setelah makan malam untuk berbelanja kebutuhan Idul Fitri."

Ashraf Abu Eid, pemilik Rumah Pemotongan Hewan Al-Amin di Ramallah, mengatakan kepada Arab News bahwa kenaikan harga daging yang tajam seminggu sebelum dimulainya bulan Ramadhan telah mempengaruhi permintaan sepanjang bulan suci.

"Satu kilogram daging sapi dijual seharga $15 dan satu kilogram daging domba dijual seharga $23," katanya. "Kami mempersiapkan diri untuk musim penjualan yang makmur dan membawa semua jenis daging, tetapi musimnya tidak sebaik tahun-tahun sebelumnya. Penjualan menurun hingga 50 persen dibandingkan dengan Ramadan sebelumnya."

Imad Muna, seorang tokoh masyarakat Yerusalem, mengatakan kepada Arab News bahwa pasar-pasar di Kota Tua Yerusalem dan wilayah timur mengalami lonjakan ekonomi yang luar biasa selama Ramadan berkat puluhan ribu orang dari Tepi Barat yang datang untuk beribadah di Masjid Al Aqsa.

Ribuan warga Palestina yang tinggal di Israel juga datang untuk beribadah di masjid dan berbelanja di pasar-pasar Palestina di kota tersebut, tambahnya. "Ramadan adalah musim yang baik untuk menghidupkan kembali pasar-pasar di kota ini, secara ekonomi," kata Muna. 

 

Terpopuler