Pemudik Mulai Padati Jalur Mudik Cianjur Selatan

Red: Nora Azizah

 Rabu 19 Apr 2023 08:34 WIB

Sejumlah kendaraan yang didominasi pemudik melintas di jalur mudik Cianjur Selatan (Foto: ilustrasi) Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar Sejumlah kendaraan yang didominasi pemudik melintas di jalur mudik Cianjur Selatan (Foto:...

Jalur mudik Cianjur Selatan mulai dipadati kendaraan pemudik roda empat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemudik dengan tujuan wilayah selatan Cianjur, Jawa Barat, memasuki H-4 mulai meningkat terutama menjelang malam dan dini hari. Pemudik didominasi dengan kendaraan roda empat dari luar kota seperti Jabodetabek dan luar Jabar.

Pantauan di lokasi, kendaraan dengan ciri khas mudik yang melintas di jalur utama Puncak-Cianjur, mengalami peningkatan menuju berbagai kota/kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur yang memilih jalur biasa karena dapat mampir ke berbagai daerah. Bahkan puluhan kendaraan dengan ciri khas mudik terlihat memanfaatkan sejumlah tempat peristirahatan sambil menunggu berbuka puasa dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalan ke kampung halaman seperti pelataran masjid, SPBU dan pos pam.

Baca Juga

Sementara memasuki H-4 lebaran, kendaraan dengan ciri khas mudik menuju wilayah selatan Cianjur, mulai meningkat didominasi kendaraan roda empat bernopol Jakarta, Bogor dan Tanggerang, dan diikuti kendaraan roda dua yang setiap menit lebih dari 30 kendaraan. Puluhan petugas di dua pos pam di jalur selatan Cianjur, telah disiagakan dan siap memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang melintas. Bahkan beberapa Polsek di sepanjang jalur tersebut menyediakan tempat istirahat bagi pemudik termasuk di pos pam.

Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan, mengatakan, memasuki H-4 lebaran kendaraan dengan ciri khas mudik yang melintas di jalur mudik Cianjur, mengalami peningkatan terutama saat petang dan dini hari dengan tujuan kota/kabupaten di Jabar dan Jateng.

"Memasuki hari ke empat menjelang lebaran, arus kendaraan pemudik dengan tujuan Cianjur selatan mulai ramai lancar, diperkirakan akan terjadi puncaknya pada H-2 lebaran, dua pos pam telah siapkan di sepanjang jalur mudik selatan untuk memberikan pelayanan bagi warga dan pemudik," katanya.

Pihaknya mengimbau pemudik dan pengguna jalan dengan tujuan wilayah selatan untuk tetap siaga dan waspada karena sebagian besar jalur menuju selatan rawan terjadi bencana alam longsor dan pergerakan tanah serta banjir ketika hujan turun deras.

Berita Lainnya