Arus Mudik di Pelabuhan Penajam Diperkirakan Memuncak Pada 19-21 April

Red: Lida Puspaningtyas

Selasa 18 Apr 2023 22:04 WIB

ilustrasi pelabuhan penajam. Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga ilustrasi pelabuhan penajam.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Arus mudik Lebaran di pelabuhan-pelabuhan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, diperkirakan memuncak pada 19 hingga 21 April 2023.

"Pada 19-21 April 2023 kami prediksi puncak arus mudik (pengguna)moda transportasi laut," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Singkerru.

Baca Juga

Pada Selasa, pelabuhan feri serta pelabuhan klotok (kapal kayu) dan kapal cepat di Penajam Paser Utara belum ramai.

"Arus mudik dari pelabuhan klotok dan kapal cepat, dengan menggunakan kapal kayu maupun speedboat(kapal cepat) masih normal," kata Andi.

Pelabuhan feri di Kabupaten Penajam Paser Utara juga belum ramai. Tidak ada antrean panjang kendaraan beroda dua maupun empat di area pelabuhan.

Pengguna layanan penyeberangan dari Pelabuhan Kabupaten Penajam Paser Utara menuju ke Pelabuhan Kariangau Kota Balikpapan belum meningkat.

"Arus mudik masih sepi. Penumpang dan kendaraan yang diangkut kapal feri masih normal," kataGeneral Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Indonesia Cabang Balikpapan, Sugeng Purwono.

Pengguna layanan kapal dan kepadatan pelabuhan di Penajam Paser Utara diperkirakan mulai meningkat saat memasuki masa cuti bersama Lebaran 2023 pada Rabu (19/4/2023).

Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara sudah menyiapkan cadangan armada transportasi laut untuk menghadapi peningkatan pengguna sarana transportasi laut pada masa libur Lebaran.