6 Amalan dan Doa di Hari Raya Idul Fitri

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 20 Apr 2023 13:00 WIB

Idul Fitri (ilustrasi). 6 Amalan di Hari Raya Idul Fitri Foto: republika Idul Fitri (ilustrasi). 6 Amalan di Hari Raya Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa amalan yang dianjurkan bagi setiap Muslim pada hari raya Idul Fitri. Amalan ini menjadi penanda betapa mulianya hari raya Idul Fitri.

6 Amalan di Hari Raya Idul Fitri

1. Membaca takbir setelah sholat Subuh dan sholat Idul Fitri.

Baca Juga

2. Membaca doa berikut setelah sholat Subuh: "Allahumma inni tawajjahtu ilayka bi-Muhammadin amami", yang artinya adalah "Ya Allah aku menghadap-Mu dengan Muhammad di depanku."

3. Mandi sunnah. Mandi sunnah ini adalah mandi yang dilakukan sebelum sholat Idul Fitri, yang waktunya dari fajar sampai pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Sebelum mandi, hendaknya membaca: "Allahumma imanan bika, wa tashdiqan bi-kitabika, wattiba’a sunnati Nabiyyika Muhammadin shallallahu ‘alayhi wa alih (i)."

Artinya: Ya Allah, kuatkan Imanku pada-Mu, pembenaranku terhadap kitab-Mu, dan kepatuhanku terhadap sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW.

Setelah itu membaca Basmalah, lalu barulah mandi. Setelah mandi membaca doa: "Allahummaj’alhu kaffaratan li-dzunubi, wa thahhir dini, Allahummadzhib ‘annid danasa."

Artinya: "Ya Allah, jadikan mandiku ini sebagai penghapus dosa-dosaku, dan sucikan keberagamaanku. Ya Allah, hilangkan dariku noda-noda dosa."

4. Amalan yang dipersiapkan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, yaitu memakai pakaian yang bagus, baik dan memakai wewangian. Disunnahkan pula sholat Idul Fitri di lapangan di bawah langit, tanpa atap (kecuali di Makkah).

5. Makan terlebih dulu di waktu pagi sebelum sholat Idul Fitri. Ini merupakan sunnah Rasulullah SAW.

6. Berangkat menunaikan sholat Idul Fitri setelah matahari terbit.

 

Terpopuler