Cegah Kebakaran Saat Rumah Ditinggal Mudik, Ini Daftar Periksanya

Red: Reiny Dwinanda

Selasa 18 Apr 2023 17:08 WIB

Rumah kebakaran (Ilustrasi). Penting untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan kebakaran yang tepat sebelum mudik. Foto: Foto : MgRol112 Rumah kebakaran (Ilustrasi). Penting untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan kebakaran yang tepat sebelum mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran dapat saja terjadi saat rumah ditinggal mudik. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan berupaya optimal dalam mengantisipasi bencana kebakaran, khususnya rumah saat ditinggal mudik Lebaran 2023.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan menerapkan langkah-langkah pencegahan terlebih jika rumah akan ditinggal liburan atau mudik Lebaran," kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga

Satriadi menyebutkan bahwa frekuensi kebakaran selama Ramadhan 1444 H periode 23 Maret-17 April 2023 hingga pukul 02.00 WIB sudah tercatat hingga 124 kejadian. Adapun kejadian kebakaran tersebut, Bangunan Perumahan (BP) menjadi objek yang paling banyak mengalami kebakaran dengan dugaan penyebab korsleting listrik.

Selain itu, penyebab kebakaran lainnya ialah kebocoran instalasi gas. Aktivitas membakar sampah juga dapat menyebabkan objek lainnya terbakar seperti instalasi luar gedung, bangunan umum dan perdagangan, kendaraan, bangunan industri, hingga tumbuhan.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk kita tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan kebakaran yang tepat," kata Satriadi.

Satriadi menyerukan untuk memeriksa instalasi listrik secara berkala. Segera ganti jika kabel atau perangkat listrik sudah terkelupas atau rusak.

Berikut langkah-langkah untuk mengantisipasi kebakaran:

- Jangan meninggalkan kompor yang sedang menyala saat memasak

- Pastikan kompor dalam keadaan mati saat akan meninggalkan rumah atau saat waktu istirahat.

- Perhatikan instalasi tabung gas yang digunakan untuk memasak, pahami ciri kebocoran gas seperti berbau menyengat dan mengeluarkan bunyi pada saat instalasi.