Muhaimin: Mudik adalah Wujud Rindu kepada Keluarga

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erdy Nasrul

Selasa 18 Apr 2023 16:39 WIB

Para pemudik bersiap berangkat saat acara Mudik Bersama BUMN 2023 bertajuk Mudik Dinanti, Mudik di Hati di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa (18/4/2023). Kegiatan program mudik gratis Pemkot Bandung bersama holding industri pertahanan BUMN ini diikuti sedikitnya 8.00 peserta dengan tujuan sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Sumatra. Foto: Edi Yusuf/Republika Para pemudik bersiap berangkat saat acara Mudik Bersama BUMN 2023 bertajuk Mudik Dinanti, Mudik di Hati di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa (18/4/2023). Kegiatan program mudik gratis Pemkot Bandung bersama holding industri pertahanan BUMN ini diikuti sedikitnya 8.00 peserta dengan tujuan sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Sumatra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar mudik bersama dengan memberangkatkan sebanyak 30 bus berisikan jumlah pemudik sebanyak 1.500 orang, dengan tujuan utama ke Semarang, Klaten, Rembang, Wonogiri, dan Surabaya. Mudik sendiri dinilai sebagai wujud kebersamaan dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman.

"Kepada saudara-saudara yang akan mudik, selamat menjalani perjalanan untuk bertemu keluarga. Mudik merupakan wujud rindu kecintaan kita kepada kampung halaman dan keluarga kita," ujar Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar yang melepas keberangkatan pemudik di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (18/4).

Baca Juga

Mudik merupakan salah satu sarana masyarakat untuk bersilaturahim di momen Idul Fitri 1444 Hijriah. Ia mengingatkan kepada para pemudik untuk membawa kebahagiaan kepada keluarganya di kampung halaman.

"Jangan lupa bawa duit yang banyak, bagi-bagi di kampung, bawa oleh-oleh yang banyak, kalau tidak sempat muat dikirim pake paket. setuju. InsyaAllah mudik kita membawa kebahagiaan teman-teman kita, saudara-saudara kita di kampung," ujar Muhaimin.

Ia ingin, mudik menjadi budaya yang terus dipertahankan setiap hari raya Lebaran. Mudik juga harus diniatkan ibadah kepada Allah SWT, karena merupakan juga wujud mempertahankan tali silaturahim kepada keluarga.

"Jangan lupa di sepanjang jalan berdoa secara khusyuk di perjalanan anda. InsyaAllah doanya makbul karena apa? Salah satu doa yang makbul adalah doa orang-orang yang ada di perjalanan," ujar Wakil Ketua DPR itu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, jumlah pemudik pada tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan dari 85 juta menjadi 123 juta orang. Sedangkan di Jabodetabek, jumlah pemudik meningkat dari 14 juta menjadi 18 juta orang.

Hal ini disampaikan Menhub usai mengikuti rapat terbatas terkait persiapan arus mudik Lebaran di Istana Kepresidenan Jakarta. "Kami melaporkan, terjadi kenaikan jumlah saudara-saudara kita yang mudik dari 85 juta menjadi 123 juta orang. Untuk di Jabodetabek dari 14 juta jadi 18 juta. Artinya terjadi kenaikan 47 persen untuk nasional dan 27 persen untuk Jabodetabek," tutur Menhub di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Budi mengatakan, perkiraan peningkatan jumlah pemudik ini dilakukan dengan penuh kehati-hatian dengan margin of error kurang dari lima persen. Menurutnya, jumlah pemudik yang menggunakan transportasi laut, kereta api, dan udara relatif terkelola dan terkendali karena menggunakan sarana tiketing.

Sedangkan pengelolaan terhadap pemudik dengan transportasi darat harus dilakukan lebih detail. "Tapi darat memang satu upaya manajemen yang lebih detail yang harus kita lakukan, kami bersama-sama dengan Kakorlantas Polri dan juga menteri Menko PMK sudah berkoordinasi, bagaimana memanage mudik kali ini yang begitu signifikan," ujarnya.