Tips Siapkan Tradisi dan Aktivitas Lebaran yang Antiribet

Red: Fuji Pratiwi

Selasa 18 Apr 2023 12:16 WIB

Opor ayam (ilustrasi). Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari dan kaum Muslim mulai melakukan persiapan untuk menyambut hari besar tersebut dengan beragam tradisi dan kegiatan. Foto: ww.freepik.com Opor ayam (ilustrasi). Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari dan kaum Muslim mulai melakukan persiapan untuk menyambut hari besar tersebut dengan beragam tradisi dan kegiatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari dan kaum Muslim mulai melakukan persiapan untuk menyambut hari besar tersebut dengan beragam tradisi dan kegiatan.

Lebaran menjadi momentum untuk mudik atau pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga dan saudara, menggunakan baju lebaran yang baru dan senada dengan keluarga, bertukar makanan atau hampers, makan opor bersama, dan masih banyak tradisi lainnya.

Baca Juga

Berikut beberapa tips untuk menyiapkan segala kegiatan dalam perayaan Lebaran yang antiribet, sebagaimana dikutip dari keterangan pers Shopee pada Selasa (18/4/2023).

1. Jangan lupa bayar zakat terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu diingat dan dilakukan menjelang Lebaran yaitu menunaikan zakat fitrah. Amalan wajib ini dilakukan hingga maksimal sebelum shalat Idul Fitri.

Zakat fitrah bertujuan untuk menciptakan momen Ramadhan yang penuh berkah, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga berbagi ke umat yang membutuhkan.

Zakat fitrah serta fidyah saat ini dapat dengan mudah dan aman dilakukan melalui aplikasi. Salah satunya aplikasi Shopee yang menggandeng berbagai mitra lembaga zakat terpercaya seperti Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, NU Care LAZISNU, dan seterusnya.

 

2. Wujudkan perjalanan mudik yang tetap hemat dan nyaman

Mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi momen yang paling dinantikan masyarakat khususnya bagi yang hidup merantau. Momen ini dimanfaatkan untuk silaturahmi, melepas rindu, dan merayakan Lebaran di kampung halaman.

Yang penting untuk diingat bahwa aktivitas mudik ke kampung halaman memerlukan perencanaan yang matang. Ini termasuk perencanaan keuangan, pertimbangan pilihan transportasi, barang yang akan dibawa, pemesanan tempat menginap, mengetahui rute jika melalui jalur darat, hingga persiapan kondisi fisik.

 

3. Mulai mencari baju Lebaran agar bisa seragam bersama keluarga

Penggunaan baju yang senada dengan keluarga menarik perhatian masyarakat demi bisa tampil menawan di hari Lebaran. Tidak hanya kaftan atau setelan baju Muslim, saat ini ada beragam pilihan produk yang dapat dipilih untuk Lebaran. Ini termasuk baju terusan seperti gamis berbahan crinckle yang dipadukan dengan pashmina berbahan ceruti atau model baju koko kurta yang kerap menjadi tren saat ini.

Padupadan warna dalam fesyen Lebaran juga perlu diperhatikan. Meliputi desain print yang kreatif, warna cerah, dan warna-warna bumi yang terus menjadi daya tarik.

 

4. Masak makanan khas Lebaran agar kumpul keluarga berkesan

Ada beragam makanan khas Lebaran yang paling dicari di setiap Idul Fitri, salah satunya yaitu makan ketupat dengan opor. Setiap keluarga juga memiliki menu andalannya masing-masing yang membuat kumpul keluarga besar semakin berkesan.

Bagi Anda yang akan memasak menu khas Lebaran untuk kumpul keluarga, rencanakanlah dengan tenang. Jangan lupa untuk membuat daftar kebutuhan yang diperlukan agar tidak berbelanja berlebih dan jangan lupa menyiapkan bumbu-bumbu praktis agar lebih mudah dalam menyiapkan hidangan.