Selasa 18 Apr 2023 11:17 WIB

ART Mudik, Begini Trik Simpel Bersih-Bersih Rumah

Kondisi rumah yang berantakan berpotensi memicu stres dalam keluarga.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Membersihkan rumah (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meringankan pekerjaan rumah saat ART mudik.
Foto: Pixabay
Membersihkan rumah (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meringankan pekerjaan rumah saat ART mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di balik kemeriahan Lebaran, ada pekerjaan rumah yang menanti karena asisten rumah tangga (ART) mudik. Kondisi rumah yang berantakan berpotensi memicu stres dalam keluarga.

Anda tidak mungkin mengabaikan kebersihan rumah sampai asisten rumah tangga (ART) kembali dari kampung halaman. Berikut beberapa tips menjaga kebersihan rumah saat ditinggal ART mudik:

Baca Juga

1. Bagi tugas setiap anggota keluarga

Pembagian tugas membuat pekerjaan rumah tangga lebih mudah dan capat terselesaikan. Misalnya, ayah membersihkan kamar, ibu menyiapkan makanan, anak-anak membersihkan halaman, merapikan ruang keluarga, dan lain-lain. Berbagi tugas juga dapat mempererat hubungan antaranggota keluarga.

2. Jangan tunda pekerjaan

Menunda pekerjaan rumah tangga hanya akan membuat kerja semakin banyak karena menumpuk. Hal itu dapat memicu stres di dalam rumah. Misalnya, Anda dan setiap anggota keluarga bisa langsung mencuci piring setelah selesai makan agar tidak memicu bau tak sedap. Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk saling mengingatkan.

3. Manfaatkan peralatan elektronik yang dapat membantu pekerjaan rumah tangga

Peralatan elektronik bisa membantu atau memudahkan pekerjaan rumah tangga, misalnya vacuum cleaner berbentuk robot, hingga yang memiliki kemampuan mengepel sekaligus. Mesin cuci pakaian untuk membantu pekerjaan mencuci lebih mudah.

4. Lakukan pekerjaan sedikit demi sedikit

Cobalah mencicil pekerjaan rumah tangga agar tidak kewalahan. Meskipun membutuhkan waktu lebih lama, Anda tidak akan merasa kewalahan dan kehabisan tenaga.

5. Jadikan pekerjaan sebagai aktivitas menyenangkan

Anda bisa menyiapkan sarapan atau makan siang sambil mendengarkan musik atau menonton acara favorit. Dengan begitu aktivitas pekerjaan rumah tidak terasa membebani.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement