Hidangkan Makanan Buka Puasa, LMI Gandeng Masjid di Sulawesi Selatan

Red: Agung Sasongko

Selasa 18 Apr 2023 09:55 WIB

Buka puasa LMI di Desa Mandiri, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Sulsel. Foto: Dok LMI Buka puasa LMI di Desa Mandiri, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Sulsel.

REPUBLIKA.CO.ID, TOMONI -- Bersama takmir Masjid Nur Rahman, LMI memberi makanan buka puasa bagi semua jamaah di Desa Mandiri, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur. Dengan mengajak warga sekitar supaya ikut berpartisipasi dalam kegiatan, LMI mengikutsertakan ibu-ibu untuk bergotong royong menyiapkan masakan berbuka, Kamis (13/04).

“Alhamdulillah LMI bisa melakukan buka puasa bersama para warga di Masjid Nur Rahman. Buka puasa kali ini bukan memberikan nasi kotak melainkan mengajak seluruh warga, mulai dari anak muda, bapak-bapak, dan ibu-ibu menyiapkan menu makanan sendiri. Semoga kebersamaan ini bisa semakin mempererat silaturahmi antar sesama”, tutur Andres Irawan selaku Perwakilan LMI Sulawesi Selatan dalam siaran persnya.

Baca Juga

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk berbuka sudah disiapkan sejak pagi hingga sore hari. Semua warga desa saling membantu untuk menyiapkan tempat dan makanan. Seperti remaja laki-laki memasang terpal di dekat masjid agar bisa dipakai untuk masak, sehingga ibu-ibu tidak terkena panas matahari selama memasak.

Mereka juga ditugaskan menyambut para tamu undangan yang hadir. Sedangkan remaja putri bersama ibu-ibu pengajian Al-Hidayah Masjid Nur Rahman pergi ke pasar untuk belanja sayur-sayuran sebagai bahan masak.

Menjelang magrib, semua tamu undangan mulai berdatangan di masjid. Ada sekitar 130 orang memenuhi masjid untuk buka puasa bersama. “Semoga kerja sama dengan LMI ini dapat terus terjalin di Ramadan-ramadan berikutnya maupun di luar bulan Ramadan. Semoga Allah SWT membalas dengan sebaik-baiknya balasan. Amin,” ujar Kepala Desa Mandiri.

Setelah salat magrib, para jamaah kemudian diarahkan untuk mengambil sendiri makanan yang sudah dihidangkan secara tertib dan bergantian. Rasa lapar dan dahaga selama puasa seharian terbayarkan melalui kelezatan makanan saat buka puasa.