Ibu Hamil Boleh Ikut Mudik, Syaratnya tak Boleh Dehidrasi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 18 Apr 2023 06:28 WIB

Ibu hamil (ilustrasi). Saat mudik, ibu hamil harus memastikan diri terhindar dari dehidrasi. Ada beberapa dampak buruk bila ibu hamil kekurangan cairan pada saat mudik Foto: Republika/Mardiah Ibu hamil (ilustrasi). Saat mudik, ibu hamil harus memastikan diri terhindar dari dehidrasi. Ada beberapa dampak buruk bila ibu hamil kekurangan cairan pada saat mudik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Eka Hospital Cibubur, dr Rendy Indraprana, mengatakan ibu hamil boleh mudik, asalkan tetap memperhatikan beberapa hal termasuk kebutuhan cairannya. Ibu hamil tidak boleh sampai dehidrasi karena itu kebutuhan cairannya harus benar-benar tercukupi.

"Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi sangat penting karena ibu hamil akan melakukan perjalanan jauh dengan si kecil dalam kandungan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Selama di perjalanan, jangan lupa untuk sering minum air mineral agar cairan dalam tubuh tetap terjaga. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi. Cairan tersebut digunakan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan.

Ada beberapa dampak buruk bila ibu hamil kekurangan cairan pada saat mudik, seperti konstipasi. Seperti diketahui, feses membutuhkan cairan agar bisa dikeluarkan dari tubuh. Bila asupan cairan berkurang selama hamil, maka feses menjadi keras dan bumil akan mengalami konstipasi. Hal tersebut bisa membuat perjalanan mudik menjadi tidak nyaman.

Selain itu, Anda juga akan merasakan mual. Asupan cairan yang cukup ternyata dapat mencegah mual selama kehamilan. Saat mengalami dehidrasi, lambung akan kekurangan cairan untuk memproses makanan. "Akibatnya, produksi asam lambung meningkat," ujarnya.

Gejala lainnya adalah akit kepala dan pusing. Kekurangan cairan dapat menyebabkan peredaran darah menjadi terganggu. Akibatnya, ibu hamil bisa mengalami sakit kepala dan pusing ketika berdiri atau setelah duduk. Selain itu, asupan oksigen ke organ-organ tubuh juga akan ikut terganggu. Kondisi tersebut menjadi penyebab pusing.

Ibu hamil yang dehidrasi juga akan mudah lelah. Tubuh yang kekurangan asupan cairan akan mengalami gangguan metabolisme sehingga menjadi mudah lelah. 

Dampak terburuk saat ibu hamil dehidrasi adalah mengalami infeksi saluran kemih (ISK). ISK dapat terjadi pada seseorang yang mengalami dehidrasi. "Gejala ISK pada ibu hamil dapat berupa nyeri saat buang air kecil, demam, hingga sakit punggung," ujarnya.

Mudik pada saat hamil memang berisiko, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dengan memperhatikan hal di atas, bumil bisa melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman serta rencana silaturahim dan mengunjungi kampung halaman bisa terwujud meski ibu dalam kondisi hamil.

"Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan selama dalam perjalanan jika ada hal-hal yang kurang dimengerti seputar kandungan," kata dia.