Jelang Lebaran, Ribuan Botol Miras di Sukabumi Dimusnahkan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Senin 17 Apr 2023 22:28 WIB

Jelang Lebaran, Ribuan Botol Miras di Sukabumi Dimusnahkan. Foto: Ribuan botol miras dan ganja yang disita Polres Sukabumi Kota dimusnahkan di Terminal Tipe A Sukabumi, Jumat (22/4/2022) Foto: riga nurul iman Jelang Lebaran, Ribuan Botol Miras di Sukabumi Dimusnahkan. Foto: Ribuan botol miras dan ganja yang disita Polres Sukabumi Kota dimusnahkan di Terminal Tipe A Sukabumi, Jumat (22/4/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 5.242 botol minuman keras (miras) yang diamankan Polres Sukabumi Kota dimusnahkan, Senin (17/4/2023). Ribuan miras ini diamankan dalam operasi pekat Lodaya pada Maret 2023 lalu.

Selain miras turut dimusnahkan sebanyak 425 knalpot brong. Upaya pemusnahan miras ini dilakukan setelah setelah Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ketupat Lodaya 2023 Polres Sukabumi Kota dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H yang digelar di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Senin.

Baca Juga

'' Ribuan botol miras ini hasil operasi penyakit masyarakat beberapa waktu lalu,'' ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo. Miras ini diamankan petugas dalam mendukung terciptanya keamaan dan ketertiban selama momen bulan suci Ramadhan.

Sebelumnya, Polres Kota Sukabumi berhasil mengamankan ribuan botol minuman beralkohol (Mihol) berbagai merk dari sebuah rumah di kawasan perumahan di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Selasa (11/4/2023) dini hari. Langkah ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi di bulan suci Ramadhan 1444 H.

Data Polres Sukabumi Kota menyebutkan, ribuan botol minuman beralkohol ini tersimpan rapih di dalam ratusan dus. Mihol itu yakni 7 botol Iceland, 1.680 botol Apidin, 1.080 botol Proost, 420 botol Singaraja, 216 botol Intisari, 672 botol Abidin Singaraja, 96 botol Ameraja, 528 botol Anggur Merah, 132 botol Anggur Putih dan 144 botol Anggur kolesom.

'' Penemuan ribuan botol miras (minuman keras) di dalam sebuah rumah tersebut berhasil dilakukan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat,'' ujar Kapolres Kota Sukabumi, AKBP Ari Setyawan Wibowo melalui Kasat Narkoba, AKP Yudi Wahyudi, kepada wartawan Selasa. Di mana, berkat partisipasi masyarakat yang telah memberikan informasi, akhirnya polisi berhasil mengamankan 4.975 botol berbagai merk

Rinciannya antara lain 7 botol Iceland, 1.680 botol Apidin, 1080 botol Proost, 420 botol Singaraja, 216 botol Intisari, 672 botol Abidin Singaraja, 96 botol Ameraja, 528 botol Anggur Merah, 132 botol Anggur Putih dan 144 botol Anggur kolesom. Ribuan botol mihol yang berhasil diamankan ini nantinya akan dimusnahkan saat apel pergeseran pasukan operasi Ketupat Lodaya 2023 mendatang.

Yudi menuturkan, penindakan terhadap ribuan minuman beralkohol berbagai merk tersebut dilakukan dalam rangka cipta kondisi di bulan suci Ramadhan. Hal ini merupakan bagian dari cipta kondisi yang Polres Kota Sukabumi lakukan di bulan suci Ramadhan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

'' Kami dari jajaran Kepolisian mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari narkoba, obat berbahaya maupun minuman keras,'' cetus Yudi. Ia mengajak mari wujudkan Sukabumi ini menjadi kota maupun kabupaten yang bebas dari narkoba, obat berbahaya dan minuman keras.