Ketua KPAI: Cegah Orang Tua Terpisah dari Anak Saat Mudik

Red: Reiny Dwinanda

Senin 17 Apr 2023 19:21 WIB

Orang tua bersama anaknya bersiap menaiki bus, di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (12/4/2023). KPAI mengingatkan agar orang tua selalu mendampingi anaknya agar tidak terpisah. Foto: Antara/Fakhri Hermansyah Orang tua bersama anaknya bersiap menaiki bus, di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (12/4/2023). KPAI mengingatkan agar orang tua selalu mendampingi anaknya agar tidak terpisah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Maryati Solihah meminta masyarakat yang mudik menjaga anaknya agar tetap dalam pengawasan. Ia mengingatkan agar ayah dan ibu mencegah anak terpisah dari keluarga.

"Karena beberapa tahun belakangan kan ada pengaduan anak terpisah dari orang tua. Sekali lagi ini imbauan bersama, ya," kata Ai saat kunjungan kerja bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Ahad (16/4/2023).

Baca Juga

Ai meminta orang tua memberi pengawasan lebih kepada anak. Orang tua, menurut Ai, selalu mendampingi anaknya guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik Lebaran 2023.

"Ini juga imbauan terkait bagaimana orang tua tetap mengawasi, tetap berada di samping anaknya, dan ini yang harus betul-betul dijaga karena pencegahan lebih utama," ujar Ai.