Cek Kelancaran Arus Mudik, Wakapolda Banten Sidak ke Pelabuhan Merak  

Red: Nashih Nashrullah

Senin 17 Apr 2023 20:22 WIB

Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif, berdialog dengan para pemudik di Pelabuhan Merak Banten, Senin (17/4/2023) dini hari. Foto: Dok Istimewa Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif, berdialog dengan para pemudik di Pelabuhan Merak Banten, Senin (17/4/2023) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK – Senin (17/4/2023) tengah malam sekitar pukul 00.30 WIB, Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif mendadak mendatangi Pelabuhan Merak, Banten. Kunjungan mendadak ini bertujuan memastikan arus mudik melalui Pelabuhan Merak berjalan aman dan lancar. 

Tiba di Dermaga 6 Pelabuhan Eksekutif Merak, langsung mengecek lokasi parkir kendaraan pribadi sebelum memasuki kapal. Orang nomor dua di jajaran Polda Banten ini juga menyapa para pemudik sambil menyampaikan pesan-pesan keselamatan berkendara.

Baca Juga

“Patuhi rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan dan tetap jaga kesehatan,” kata Sabilul kepada para pemudik.  

Dia juga mengimbau para sopir kendaraan pribadi tidak memasakan perjalanan jika kondisi fisik sudah lelah dan mengantuk untuk menghindari kecelakaan. 

“Fisik lelah dan mengantuk membuat konsentrasi terganggu. Carilah tempat yang aman seperti rest area untuk beristirahat,” pesan Sabilul kepada para pemudik. 

Berdasarkan hasil pantauan, jenderal bintang satu di pundak ini mengatakan secara umum kondisi arus mudik di Pelabuhan Merak berjalan aman dan lancar.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Tidak ada penumpukan kendaraan yang menyeberang ke Pulau Sumatera. “Antrean mobil yang akan memasuki kapal hanya 50 sampai 100 unit,” katanya. 

Menurut dia, kondisi lancar itu berkat kebijakan yang menetapkan Pelabuhan Merak khusus penyeberangan bagi kendaraan pribadi dan bus. 

“Tahun ini kita berlakukan Pelabuhan Merak khusus untuk penyeberangan kendaraan pribadi dan bus. Tidak bercampur dengan sepeda motor dan truk,” katanya. 

Sabilul kembali menegaskan komitmen Polda Banten untuk berupaya maksimal mengamankan arus lalu lintas dan jalur mudik. “Jangan sampai ada aksi premanisme atau pencurian dengan kekerasan. Polda Banten berkomitmen menjaga arus mudik agar aman, lancar, dan berkesan,” kata dia.