Ramadan Camp, Cara Kreatif Muslim Amerika Ajarkan Islam ke Anak

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 18 Apr 2023 01:05 WIB

Amin Aaser, kiri, tampil bersama istrinya, Sana dan putrinya, Kauthar Noor, di siaran langsung malam Ramadan Camp, Kamis, 13 April 2023, di Brooklyn Park, Minnesota, AS. Ini adalah program interaktif online gratis bernama Noor Kids Ramadan Camp untuk anak-anak Muslim usia 5-12 tahun dari negara-negara di seluruh dunia. Ramadan Camp, Cara Kreatif Muslim Amerika Ajarkan Islam ke Anak Foto:

1

Seiring bertambahnya usia, dia bertanya-tanya bagaimana dia dapat membantu anak-anak Muslim lainnya, termasuk keponakan dan dua anaknya untuk percaya diri dan menerima keyakinan Islam mereka. Pada 2012, dia dan saudara laki-lakinya, Mohammed, memulai Noor Kids, yang telah berkembang dengan menyediakan buku dan program online yang berpusat pada anak.

Program ini menekankan pada pembangunan karakter dengan cerita yang sesuai dengan usia tentang sifat-sifat seperti rasa syukur, ketahanan, dan keberanian. Pada 2016, setelah ibunya meninggal dan di tengah pemilihan presiden AS yang memecah belah, Aaser memutuskan meninggalkan karier di modal ventura dan bersama istrinya, dia fokus membangun merek Noor Kids. Saat ini, Noor Kids memiliki tim yang terdiri dari sekitar 15 orang di seluruh dunia, dengan sebagian besar terkonsentrasi di Brooklyn Park.

Ahmad mengatakan keluarganya telah membaca buku-buku Noor Kids selama bertahun-tahun karena mengandung analogi yang menjelaskan ajaran Islam dengan warna-warni yang menarik bagi anak-anak.

“Kadang-kadang ketika orang tua mencoba menjelaskan konsep yang sulit, itu mungkin menjadi sedikit seperti khutbah, jadi saya merasa saya mungkin tidak melakukannya dengan baik. Dan kadang kalau (putranya) mendengar ajaran dari orang yang menurutnya keren, seperti Amin, dampaknya bisa sangat berbeda. Penting untuk mendengarnya dari orang lain selain orang tua," ujar Aaser.

Dia mengatakan dirinya tidak ingin interaksi di Ramadan Camp terhenti ketika liburan berakhir pada akhir pekan ini. Sehingga Noor Kids meluncurkan Muslim Treehouse, yang akan menyediakan program dua kali seminggu untuk audiens mudanya. Dia berharap melalui Noor Kids dan program online itu, pihaknya dapat membangun masa depan yang lebih baik untuk anak-anak.

"Pikiran seorang anak adalah tempat perubahan dimulai, dan jika Anda dapat menanam benih karakter dan kewarganegaraan, harapan saya adalah hal itu akan terbayar bagi individu-individu ini dalam jangka panjang," ungkap dia.

Terpopuler