Senin 17 Apr 2023 14:11 WIB

Ini Lima Kiat Mudik Aman BRI Insurance

Pastikan membawa barang secukupnya selama mudik dan menyiapkan surat yang diperlukan.

Kendaraan memanfaatkan Jalur Fungsional Jalan Tol Solo-Jogja di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (16/4/2023). BRI Insurance membagikan tips mudik aman.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kendaraan memanfaatkan Jalur Fungsional Jalan Tol Solo-Jogja di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (16/4/2023). BRI Insurance membagikan tips mudik aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Insurance, anak perusahaan BUMN BRI, membagikan lima kiat mudah bagi masyarakat mempersiapkan mudiknya sehingga bisa tenang saat bersilaturahmi bersama keluarga. Kiat ini diharapkan dapat membantu khususnya bagi para perantau yang memang harus meninggalkan huniannya untuk bisa pulang ke kampung halaman.

Berikut lima kiat yang dibagikan BRI Insurance seperti dikutip dari siaran persnya, Senin (17/4/2023).

1. Estimasi biaya selama mudik

Baca Juga

Momen mudik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari pengeluaran biaya untuk tiket transportasi, sampai memberi THR kepada keluarga. Di sinilah Anda harus memberikan estimasi biaya selama mudik yang mengacu pada biaya tahun lalu, agar pengeluaran saat lebaran tidak membengkak.

2. Pemilihan rute perjalanan mudik

Untuk Anda yang ingin melakukan mudik lebaran 2023 menggunakan kendaraan pribadi, lakukanlah pemilihan rute perjalanan yang paling aman dilalui seminggu sebelum mudik. Jangan lupa juga untuk mencari informasi terkait arus mudik yang kemungkinan terjadi buka tutup jalan serta penerapan aturan khusus lainnya seperti ganjil- genap.

3. Dokumen yang diperlukan

Pastikan membawa surat-surat kendaraan yang akan digunakan untuk mudik seperti SIM, STNK bagi Anda yang akan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk Anda yang bepergian dengan transportasi umum, pastikan untuk persiapkan tiket agar tidak tertinggal.

Pastikan juga untuk membawa KTP karena tanda pengenal ini merupakan dokumen penting yang dibutuhkan jika terjadi hal yang di luar kendali atau tidak diinginkan.

4. Persiapkan barang bawaan secukupnya

Anda bisa membuat daftar kebutuhan barang yang paling penting dibawa. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kelebihan kapasitas muatan saat mudik. Selain itu, jika membawa barang seperlunya akan mempermudah mobilitas selama perjalanan.

5. Perlindungan untuk rumah yang ditinggal dan mobil saat perjalanan

Hal-hal di luar kendali atau tidak diinginkan bisa saja terjadi. Termasuk risiko yang bisa saja menimpa rumah Anda yang ditinggal selama mudik.

Untuk itu, agar lebih aman, Anda bisa memberikan perlindungan ekstra untuk rumah. BRI Insurance memiliki penawaran untuk perlindungan rumah yang periodenya bisa diatur sesuai kebutuhan, mulai dari periode bulanan sampai tahunan.

Selain itu, memberi perlindungan diri dan kendaraan selama mudik juga diperlukan agar terhindar dari berbagai risiko yang bisa terjadi kapanpun. Perlindungan yang ditawarkan BRI Insurance untuk proteksi diri dan kendaraan, juga dapat diatur periodenya mulai dari harian, bulanan, dan tahunan sesuai kebutuhan.

Seluruh penawaran tersebut dapat diperoleh lebih mudah oleh masyarakat lewat perangkat di genggaman tanganyakni aplikasi BRINSmobile yang dapat diunduh di ponsel pintar baik yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement