XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Jaringan di Sumbar Saat Lebaran 2023

Red: Fuji Pratiwi

Senin 17 Apr 2023 13:03 WIB

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata di sepanjang jalur tersebut diperkuat lebih dari 3.600 Base Transceiver Station (BTS) (ilustrasi). XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringannya demi mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi menjelang mudik hingga libur panjang Lebaran 2023 di wilayah Sumatra Barat (Sumbar). Foto: Istimewa Saat ini, jaringan 4G XL Axiata di sepanjang jalur tersebut diperkuat lebih dari 3.600 Base Transceiver Station (BTS) (ilustrasi). XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringannya demi mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi menjelang mudik hingga libur panjang Lebaran 2023 di wilayah Sumatra Barat (Sumbar).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Operator seluler XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringannya demi mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi menjelang mudik hingga libur panjang Lebaran 2023 di wilayah Sumatra Barat (Sumbar).

"Permintaan terhadap layanan data selalu mengalami peningkatan yang pesat setiap momen Lebaran di Sumbar, maka untuk memastikan layanan tetap prima, kami telah meningkatkan kapasitas jaringan," kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Ia mengklaim kapasitas jaringan 4G XL Axiata telah disiapkan untuk melayani pelanggan di 1.100 desa atau kelurahan, yang tersebar di 18 kota/kabupaten di Sumbar. "Selain meningkatkan kapasitas, kami juga melakukan optimalisasi jaringan dengan melihat pola mobilitas pelanggan serta masyarakat pada periode libur Lebaran," kata Desy.

XL Axiata memandang Sumbar adalah salah satu daerah yang memiliki banyak perantau sehingga mereka akan mudik saat Lebaran. Oleh karenanya kebutuhan telekomunikasi harus dipenuhi.

XL Axiata memperkirakan peningkatan secara signifikan akan terjadi di Kabupaten Solok mencapai 66 persen, Solok Selatan 56 persen, Pasaman 55 persen dan Sijunjung 42 persen. "Kami juga telah memetakan titik-titik yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat saat Lebaran di Sumbar, terutama lokasi wisata," ungkap Desy.

Beberapa destinasi wisata tersebut di antaranya Jam Gadang dan Ngarai Sianok yang merupakan destinasi wisata populer di Kota Bukittinggi, kawasan Pantai Padang, serta pantai di Pariaman. "Semoga peningkatan serta antisipasi kami lakukan bisa bermanfaat bagi para pelanggan untuk mengakses berbagai jenis layanan data saat Lebaran, terutama media sosial yang banyak digunakan," kata dia.

Operator seluler tersebut juga memastikan ketersediaan produk-produk unggulandi seluruh saluran distribusi, khususnya pada toko-toko pulsa yang mudah dijangkau masyarakat. Selain untuk wilayah Sumbar, XL Axiata juga fokus mengantisipasi lonjakan trafik data di Provinsi Jambi. Pihaknya meyakini 5.150 BTS yang mayoritas adalah BTS 4G bisa memenuhi kebutuhan data pelanggan di kedua provinsi.

Pada bagian lain, pihak XL Axiata juga menghadirkan paket Xtra Combo Flex Beri Bonus Internetan tujuh hari bagi masyarakat Sumbar serta Jambi yang berlibur ke Malaysia atau Singapura.