Polres Boyolali Tingkatkan Patroli Jalan Tol Buntut Tabrakan Beruntun

Red: Bilal Ramadhan

Senin 17 Apr 2023 10:19 WIB

Warga melihat kondisi truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo KM 487, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Polres Boyolali meningkatkan patroli jalan tol buntut tabrakan beruntun 8 orang tewas Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Warga melihat kondisi truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo KM 487, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Polres Boyolali meningkatkan patroli jalan tol buntut tabrakan beruntun 8 orang tewas

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Polres Boyolali bersama Patroli Jalan Raya Polda Jawa Tengah (Jateng) dan pengelola jalan tol meningkatkan patroli di jalan tol wilayahnya, baik jalur A maupun B seiring arus mudik Lebaran 2023 dan pasca-kecelakaan lalu lintas beruntun yang menewaskan delapan jiwa.

"Polres Boyolali melakukan patroli gabungan di jalan tol wilayah Boyolali baik di jalur A maupun jalur B untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Polres Boyolali AKBP Petrus PSilalahi di Boyolali, Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Petugas pada kegiatan patroli yang ditingkatkan tersebut, kata dia, masih menemukan puluhan pengguna jalan tol atau pengendara yang berhenti di bahu jalan Petugas kemudian melakukan edukasi dan imbauan agar tidak menggunakan bahu jalan tol untuk istirahat. Jika ingin istirahat dipersilahkan untuk beristirahat di rest area terdekat atau keluar dari jalan tol.

Menurut dia, patroli dilakukan pada jam-jam mata mengantuk, seperti kejadian kemarin lakalantas antara pukul 03.00 WIB-04.00 WIB, kemudian antara pukul 15.00 WIB - 16.00 WIB. Pengemudi pada jam-jam itu, menurutnya, rawan mata lelah.

Dia mengimbau kepada pemudik untuk mempersiapkan dengan baik kendaraan serta mengecek kelengkapan surat-surat. Selain itu juga menyiapkan fisik dan kesehatan dengan baik serta perhatikan batas maksimum kecepatan kendaraan.

Jika merasa lelah, lanjutnya, beristirahat di tempat yang telah disediakan. Jangan menggunakan bahu jalan tol. Jika masih jauh dari rest area silahkan keluar dulu dari jalan tol mencari tempat istirahat dan setelah kondisi baik bisa kembali ke jalan tol untuk melanjutkan perjalanan.

Sebelumnya peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi dalam dua hari berturut-turut, Jumat (14/4) dan Sabtu (15/4), di Jalan Tol Semarang-Solo di wilayah Boyolali.

Peristiwa kecelakaan pada Jumat (14/4) pagi melibatkan delapan kendaraan dan ada 21 korban masing-masing delapan orang meninggal dunia dan 13 orang lainnya luka-luka. Sedangkan kecelakaan terjadi pada Sabtu (15/4) sore melibatkan dua kendaraan dan ada lima orang korban masing-masing tiga orang meninggal dunia, satu orang luka-luka, dan satu lainnya tidak mengalami luka.