Ridwan Kamil Ingatkan Pemudik Jaga Kesehatan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan

Senin 17 Apr 2023 07:27 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melepas program Mudik Gratis Pemda Provinsi Jawa Barat di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Ahad (16/4/2023). Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengingatkan kepada para pemudik untuk jaga kesehatan. Foto: Dok Biro Adpim Jabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melepas program Mudik Gratis Pemda Provinsi Jawa Barat di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Ahad (16/4/2023). Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengingatkan kepada para pemudik untuk jaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas warga Jawa Barat yang mengikuti program Mudik Gratis di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Ahad petang (16/4/2023).

"Kesiapan mudik kendaraan tolong dicek, kesehatan tolong di cek didoakan selamat sampai tujuan, hari ini saya melepas yang ada di terminal Cicaheum," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Baca Juga

Menurut Emil, dirinya melepas kurang lebih ada 12 ribu tiket bus dan kereta api untuk pemudik gratis ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Sehat-sehat Insya Allah kembali lagi ke Jawa Barat dengan sehat walafiat," katanya.

Terkait mudik di Jabar, Emil mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan agar mudik di tahun ini lebih lancar lebih baik. Terdapat ratusan pos dijaga oleh kepolisian, Dishub dan seluruh aparat sudah disiapkan.

"Saya ingatkan akan jalur mudik tidak hanya lewat Utara silakan lewat Selatan juga di manfaatkan kemudian Kesehatan baik dari pengemudi yang sifatnya   kendaraan pribadi tolong ditanya kesiapan fisiknya," paparnya.

Kemudian, di rest area sudah disiapkan. Emil meminta agar tidak berlama-lama di sana karena antrean panjang.

Ridwan Kamil pun mengungkapkan kelebihan mudik di tahun ini ada 2 ruas jalan tol yang bisa dipakai mudik yaitu Cisumdawu sudah bisa tembus ke Cipali arah Cirebon Jawa Tengah. Lalu Bocimi sampai Cibadak Sukabumi.

"Itu juga sudah bisa dibuka sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal," katanya.

Selain itu, menurut Emil, ia berharap para pemudik penting jaga kesehatan. Jika dirasa lelah ngantuk dimohon berhenti jangan dipaksakan.

"Kita berharap nihil kecelakaan semua lancar dan arus mudik kembali juga bisa lancar," katanya.

Terpopuler