Sipatana Berdakwah Gerakkan Remaja Masjid dan Anak Semarakkan Kearifan Islam pada Ramadhan

Red: Erdy Nasrul

Senin 17 Apr 2023 03:12 WIB

Ilustrasi pemuda berdakwah. Foto: Dok Pemuda Hidayatullah Ilustrasi pemuda berdakwah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengapresiasi kegiatan Sipatana Berdakwah di Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo.

Menurut Hamka, Sipatana Berdakwah memiliki tiga fungsi. Di antaranya untuk mendapatkan nilai amaliah, spiritual dan kesehatan, serta silaturahmi dan syiar islam.

Baca Juga

"Mudah-mudahan dengan Sipatana Berdakwah ini bisa membangun silaturahim dengan baik. Ini juga merupakan syiar islam, biasanya digelar di masjid, kali ini non formal dan terbuka, saya sangat mengapresiasi inovasi ini," ucap Hamka di Gorontalo, Ahad (17/4/2023).

Sipatana Berdakwah yang sudah tiga kali digelar pada bulan Ramadhan tahun ini merupakan inovasi remaja masjid dan anak-anak muda di Kecamatan Sipatana. Kreasi bentuk dakwah yang disesuaikan dengan selera pendengarnya khususnya anak muda.

Penjagub Hamka pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kegiatan dakwah yang digelar di jalanan dengan konsep non formal. Ia berharap dakwah seperti dapat ditiru remaja masjid di daerah lain.

Semoga Sipatana Berdakwah ini bisa menjadi contoh dan ditiru oleh remaja masjid atau anak muda lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo.

Hal senada juga diungkapkan Walikota Gorontalo Marten Taha. Harapannya, dakwah ini bisa menarik anak muda untuk lebih dekat dengan agama.

"Kalau di setiap tempat sudah banyak kegiatan seperti ini, maka harapan kita kegiatan religi yang bisa membina, membimbing, dan mengajak anak muda kita untuk berkecimpung di dunia dakwah," ungkap Marten.

Sipatana berdakwah diisi dengan ceramah agama yang dibawakan oleh Ustad Muhammad Iqbal Pakaya. Banyak warga antusias mendengarkan ceramah yang dibawakan hingga memenuhi simpang empat air terjun di Jalan Tondano.