7 Keutamaan Lailatul Qadar, Malam Penuh Kemuliaan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 17 Apr 2023 04:05 WIB

Umat muslim menunaikan Shalat Qiyamul Lail saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1444 H di Masjid Habiburrahman, Jalan Kapten Tata Natanegara, Cicendo, Kota Bandung, Rabu (12/4/2023) dini hari. Pada sepuluh hari menjelang berakhirnya Bulan Suci Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud dan berzikir. 7 Keutamaan Lailatul Qadar, Malam Penuh Kemuliaan Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Umat muslim menunaikan Shalat Qiyamul Lail saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1444 H di Masjid Habiburrahman, Jalan Kapten Tata Natanegara, Cicendo, Kota Bandung, Rabu (12/4/2023) dini hari. Pada sepuluh hari menjelang berakhirnya Bulan Suci Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud dan berzikir. 7 Keutamaan Lailatul Qadar, Malam Penuh Kemuliaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan. Pada malam ini juga, Allah akan melipatgandakan pahala hamba-Nya yang beribadah di malam Lailatul Qadar.

Sebagaimana disebutkan dalam Alquran: "Sesungguhnya Kami menurunkannya (Alquran) pada malam Lailatul Qadar. Tahukah kamu, apakah malam Qadar itu? Malam Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan), (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr (97) ayat 1 - 5).

Baca Juga

Muhammad Adam Hussein dalam bukunya Sukses Berburu Lailatul Qadar menyebutkan ada tujuh keutamaan malam Lailatul Qadar.

7 Keutamaan Lailatul Qadar

1. Diampuninya dosa terdahulu

Lailatul Qadar disebut juga sebagai malam penuh ampunan. Penyebutan ini merujuk pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa siapapun yang melakukan ibadah di malam 1.000 bulan ini, akan mendapatkan ampunan dari Allah atas dosa-dosanya yang terdahulu.

Dari Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa beribadah di malam Lailatul Qadar dengan rasa iman dan mengharap pahala dari Allah, ia akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

2. Lailatul qadar sebagai malam penuh keberkahan

Keutamaan lailatul Qadar ini langsung disebutkan Allah melalui firmannya dalam surat Ad Dukhan yang menyebutkan betapa malam lailatul Qadar ini penuh dengan keberkahan.

"Sesungguhnya Kami menurunkanya (Alquran) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah." (QS. Ad Dukhan: 3-4).