Astra Tol Proyeksi Ada Kenaikan Hingga 139 Ribu Kendaraan Saat Mudik 2023

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ahad 16 Apr 2023 12:39 WIB

Peningkatan trafik kendaraan di Tol Cipali pada masa mudik 2023 mencapi 4,1 persen. Trafik arus mudik paling tinggi bisa mencapai sekitar 139 ribu kendaraan per hari. Foto: ANTARA/Dedhez Anggara Peningkatan trafik kendaraan di Tol Cipali pada masa mudik 2023 mencapi 4,1 persen. Trafik arus mudik paling tinggi bisa mencapai sekitar 139 ribu kendaraan per hari.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Astra Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengungkapkan saat ini trafik kendaraan yang melintas sudah kembali normal setelah sebelumnya terdapat pembatasan pandemi Covid-19. Hal itu juga perlu diantisipasi karena pada saat masa mudik Lebaran 2023 akan terjadi peningkatan trafik.

“Bisa dibilang kita trafiknya sudah sangat normal. Tahun lalu memang masih sedikit anomali lebih tinggi dengan kondisi normal 2019. LHR sekitar 50 ribu sampai 60 ribu per hari,” kata Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis mengatakan di Hotel Horison, Kertajati, Majalengka, Jumat (14/4/2023).

Firdaus menuturkan, trafik pada 2022 lebih tinggi dibandingkan 2019 juga dikarenakan alternatif transportasi masih terbatas. Pada tahun lalu, maskapai belum mengoperasikan jumlah pesawatnya lebih banyak sehingga banyak yang melakukan perjalanan melalui jalur darat.

Berbeda dengan tahun ini, Firdaus memproyeksikan trafik kendaraan di Tol Cipali akan lebih terdistribusi karena sudah banyak alternatif transportasi. “Dengan distribusi yang lebih baik dan memperpanjang cuti juga membuat perjalanan mudik itu lebih lancar,” ucap Firdaus.

Dia memproyeksikan peningkatan trafik kendaraan di Tol Cipali pada masa mudik 2023 mencapai 4,1 persen. Firdaus menuturkan, trafik arus mudik paling tinggi bisa mencapai sekitar 139 ribu kendaraan per hari.

“Pada saat normal, lalu lintas harian cuma 60 ribu kendaraan jadi cuma sekitar hampir dua kali lipat pada puncak mudik,” ucap Firdaus.

Dia menambahkan, proyeksi kenaikan lalu lintas kendaraan di Tol Cipali pada mudik 2023 cukup besar pengaruhnya. Dia menyebut peningkatan trafik selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 berpengaruh 20 hingga 30 persen dari total trafik tahunan.