Semarak Ramadhan di Mimika Papua

Red: Erdy Nasrul

Ahad 16 Apr 2023 15:15 WIB

Ilustrasi Muslim Mimika menyemarakkan Ramadhan. Foto: Spedy Paereng/Antara Ilustrasi Muslim Mimika menyemarakkan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua berbagi kasih di Masjid Al Ikhlas SP 5 Distrik Iwaka dalam rangka bulan suci Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan dalam kegiatan berbagi kasih ini pihaknya menggandeng organisasi masyarakat seperti PHBI, FKUB, Baznas, dan ormas islam.

Baca Juga

"Ini merupakan kunjungan saya yang kesekian kalinya ke Masjid Al Ikhlas SP 5, tahun lalu saya hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan masjid ini," katanya di Timika, Ahad (16/4/2023).

Menurut Plt Bupati sebelumnya pemerintah telah mengagendakan kegiatan Safari Ramadhan dan buka puasa bersama, berhubung telah terbit Surat Edaran Mendagri Nomor 100.4.4/1768/SJ tentang Penyelenggaraan Buka Puasa Bersama maka pihaknya mengikuti aturan tersebut.

"Dengan adanya surat edaran tersebut maka pemerintah daerah Mimika berinisiatif menggelar kegiatan berbagi kasih di Masjid Al Ikhlas SP 5, Timika, Papua Tengah," ujarnya.

Dengan adanya surat edaran yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, maka kegiatan Safari Ramadhan dan buka puasa pemerintah daerah dan masyarakat ditiadakan.

"Pemkab Mimika menyerahkan bantuan berupa Beras, telur, minyak goreng, susu dan sebagainya, kepada umat Muslim yang ada di SP 5," katanya lagi.

Kegiatan berbagi kasih ini melibatkan para pimpinan perangkat daerah, jajaran organisasi perangkat daerah serta organisasi kemasyarakatan.

"Pemerintah berharap selama bulan Ramadhan dan jelang Idul Fitri seluruh umat beragama di Mimika dapat hidup rukun dan damai," ujarnya lagi.