Ahad 16 Apr 2023 14:45 WIB

Festival Ramadhan Gerakkan UMKM di Jawa Timur

Festival Ramadhan di Jawa Timur semarakkan produk halal UMKM.

Ilustrasi semarak Ramadhan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi semarak Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, bersinergi dengan Bank Jatim fokus menggerakkan ekonomi usaha mikro kecil menengah (UMKM), salah satunya melalui Festival Ramadhan yang digelar di Jembatan Suroboyo.

"Alhamdulillah antusias masyarakat datang ke Festival Ramadhan yang digelar Bank Jatim di Jembatan Suroboyo, kemarin (15/4) sore luar biasa," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Ahad (16/4/2023.

Baca Juga

Sekitar 100 tenan UMKM berjajar menyuguhkan beragam produk mereka di Festival Ramadhan. Para pengunjung yang sedang menunggu waktu berbuka puasa bisa mengunjungi Bazar UMKM dan food truck. Bahkan, pengunjung juga disuguhi penampilan musik, permainan tradisional, hingga penampilan muslim fashion show sesudah waktu berbuka puasa.

Wali Kota Eri berharap setiap satu bulan sekali, kegiatan serupa bisa terus digelar di Jembatan Suroboyo untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui UMKM.

Dalam upaya membangkitkan dan menggerakkan ekonomi UMKM di Kota Pahlawan, seluruh stakeholder yang di Kota Pahlawan saling berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkot Surabaya.

"Sebetulnya tujuan semua stakeholder adalah untuk membangun dan menggerakkan ekonomi UMKM di Surabaya. Saya bangga betul sehingga kegiatan ini diharapkan bisa dilakukan secara terus menerus untuk membangkitkan UMKM," ujarnya.

Menurutnya, sinergiantara Pemkot Surabaya dan Bank Jatim, serta seluruh stakeholder lainnya terus berupaya dalam proses pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Kota Pahlawan.

"Contoh di Jembatan Suroboyo, camat harus bisa berkolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya. Karena sesama warga Surabaya yang mencintai dan ingin memajukan kota ini bersama-sama dengan seluruh stakeholder mengubah Surabaya menjadi lebih hebat lagi," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Mikro, Ritel, dan Menengah Bank Jatim Arief Wicaksono menyampaikan, pihaknya mendukung penuh program Wali Kota Eri, khususnya dalam program pertumbuhan ekonomi daerah melalui UMKM.

"Salah satunya mengadakan kegiatan dalam rangka pemberdayaan UMKM. Meski sempat terpuruk karena pandemi COVID-19, tapi sekarang roda ekonomi bergerak lagi dan kami dorong melalui program, serta kegiatan yang ada di Bank Jatim agar UMKM bisa bangkit dan naik kelas," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement