Umm Ali, Hidangan Penutup Ala Timur Tengah, Cocok untuk Berbuka Puasa

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 16 Apr 2023 16:22 WIB

Umm Ali, hidangan penutup ala Timur Tengah yang disajikan di Damar Restaurant, Pullman Ciawi Vimala Hills, Jawa Barat. Foto: Republika/Shelbi Asrianti Umm Ali, hidangan penutup ala Timur Tengah yang disajikan di Damar Restaurant, Pullman Ciawi Vimala Hills, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa manis dan tekstur lembut menyergap lidah ketika menyantap hidangan penutup umm ali. Menu khas Timur Tengah yang jadi makanan penutup nasional di Mesir ini juga memberikan sensasi legit dari roti dan kerenyahan dari taburannya.

Umm ali menjadi salah satu hidangan penutup yang disajikan di "Bogor Botram Iftar Buffet" di Damar Restaurant, Pullman Ciawi Vimala Hills, Jawa Barat. Chef Tedi Kurniawan dari Pullman Ciawi Vimala Hills menjelaskan bahwa bahan dasar adonan umm ali adalah roti dan susu.

Baca Juga

Adonan roti dan susu itu kemudian diberi kayu manis dan krim, kemudian dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan. "Untuk taburannya, bisa diberi buah kering, pistachio, atau kacang-kacangan," kata Tedi kepada Republika.co.id.

Tedi menyampaikan, tema hidangan penutup "Bogor Botram Iftar Buffet" di Damar Restaurant, Pullman Ciawi Vimala Hills, sebenarnya merupakan kombinasi lintas budaya. Ada menu-menu khas Bogor, juga dipadukan dengan hidangan Barat dan Timur Tengah.

Terpopuler