Meski Harga Naik, Masjid di India Tetap Siapkan Bubur Nonbu Kanji untuk Takjil

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 16 Apr 2023 03:33 WIB

Masjid Rahmaniapuram di Thillai Nagar, India menyediakan bubur nonbu kanji untuk takjil selama Ramadhan. Meski Harga Naik, Masjid di India Tetap Siapkan Bubur Nonbu Kanji untuk Takjil Foto: The Hindu Masjid Rahmaniapuram di Thillai Nagar, India menyediakan bubur nonbu kanji untuk takjil selama Ramadhan. Meski Harga Naik, Masjid di India Tetap Siapkan Bubur Nonbu Kanji untuk Takjil

REPUBLIKA.CO.ID, TIRUCHI -- Meski bahan-bahan makanan mengalami kenaikan tahun ini, masjid-masjid di kota terus menyiapkan dan mendistribusikan nonbu kanji, bubur yang dimasak dengan bahan nasi, kacang-kacangan, dan sayuran selama bulan puasa Ramadhan.

Dilansir The Hindu, Jumat (14/4/2023), bubur ini secara tradisional disajikan selama Ramadhan. Masjid-masjid akan menyiapkan dan menyajikan nonbu kanji secara gratis untuk jamaah saat buka puasa dan juga masyarakat umum.

Baca Juga

“Harga semua bahan seperti beras, dal, bawang putih, dan bahkan kayu bakar naik karena tingginya permintaan selama Ramadhan, tetapi kami dapat mengelola dengan bantuan sumbangan dari jamaah kami. Tahun ini, rata-rata, kami menyajikan 75 Kg bubur dalam sehari,” kata P. Sikandar, mutawalli dari Masjid Madina di Alwarthope.

Di Masjid Rahmaniapuram di Thillai Nagar, bubur disediakan untuk lebih dari 400 orang dengan jamaah masjid 250 orang. Jumlah yang sama juga dimasak di Masjid Al-Taqwa di Ammayappa Nagar.

Karena kayu bakar semakin mahal, tahun ini mereka beralih ke kompor gas. Bubur disediakan untuk semua orang terlepas dari keyakinan mereka, asalkan mereka membawa wadah sendiri.

"Kami juga mendapat permintaan dari keluarga pasien di rumah sakit terdekat,” kata M. Shahjahan, mutawalli dari kedua masjid tersebut.

Tim juru masak yang dipekerjakan hanya untuk persiapan Ramadhan dikenai biaya 85 ribu rupee untuk layanan mereka, Setelah lockdown, panitia masjid dapat menghabiskan 15 ribu rupee hingga 20 ribu rupee sehari untuk persiapan memasak bubur. Ini karena ada tambahan nasi jeeraga samba telah menambah biaya.

“Jeeraga samba membuat 'nonbu kanji' enak dan kaya rasa. Kami melayani 70-80 kilogram bubur per hari untuk masyarakat umum dan untuk 400 siswa puasa dari perguruan tinggi terdekat,” kata S. Mubarak Hussaini, wakil presiden, Masjid Jailaniya di Subramaniapuram.