Bandara Soekarno-Hatta Buka Terminal 1B Guna Antisipasi Lonjakan Penumpang

Red: Nidia Zuraya

Sabtu 15 Apr 2023 17:12 WIB

Sejumlah calon penumpang berjalan menuju terminal keberangkatan di Bandara Soekarno-Hattai, Banten. ilustrasi Foto: ANTARA/Basri Marzuki Sejumlah calon penumpang berjalan menuju terminal keberangkatan di Bandara Soekarno-Hattai, Banten. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Provinsi Banten, membuka Terminal 1B guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat periode mudik Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah/2023. "Kami mengoperasikan Terminal 1B untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, khususnya di Terminal 1A," kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muwardi di Tangerang, Sabtu (15/4/2023).

Dalam mengoperasikan kembali Terminal 1B, pihak Bandara Seokarno-Hatta meningkatkan kesiapan fasilitas dan mengerahkan tambahan personel di terminal. Meski tak dapat menyebut jumlah tambahan personel, namun Holik mengatakan personel keamanan di Bandara Soekarno-Hatta tak hanya melibatkan tenaga internal, tetapi juga TNI/Polri. Langkah tersebut dilakukan untuk mengoptimalkanfungsi operasi Terminal 1B.

Baca Juga

"Secara fasilitas dan kesiapan personel, itu sudah siap. Tinggal menunggu maskapai untuk melakukan pemecahan dari Terminal 1A ke Terminal 1B," ujar Holik.

Holik memprediksi lonjakan penumpang pada periode Lebaran 2023 akan mencapai 20 persen hingga 30 persen. Adapun secara lalu lintas, Holik memproyeksikan peningkatan 10 persen sampai 15 persen pada jumlah penerbangan.

Prediksi peningkatan penumpang dan lalu lintas didasarkan pada pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Menurut Holik, kebijakan itu mampu memancing optimisme masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik.

Hal tersebut tercermin pada peningkatan jumlah penumpang yang melakukan perjalanan di Bandara Soekarno-Hatta pada hari ketujuh sebelum Lebaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023 Bandara Soekarno-Hatta, total jumlah penumpang pada 15 April 2023 tercatat sebanyak 127.576 orang dengan 973 penerbangan. Adapun tahun lalu jumlah penumpang tercatat sebanyak 98.227 orang dengan 837 penerbangan.

"Kami sudah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan untuk menyukseskan Angkutan Lebaran di tahun 2023 ini," jelas Holik.