Amankan Mudik, Polri Gelar Apel Operasi Ketupat 17 April 2023

Rep: Eva Rianti/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 15 Apr 2023 10:11 WIB

Petugas kepolisian beristirahat di posko Operasi Ketupat Jaya pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah di jalur perbatasan Jakarta-Bekasi, Bekasi, Jawa Barat. Amankan Mudik, Polri Gelar Apel Operasi Ketupat 17 April 2023 Foto: Republika/Thoudy Badai Petugas kepolisian beristirahat di posko Operasi Ketupat Jaya pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah di jalur perbatasan Jakarta-Bekasi, Bekasi, Jawa Barat. Amankan Mudik, Polri Gelar Apel Operasi Ketupat 17 April 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polri bersama sejumlah stakeholder terkait akan melaksanakan apel dalam rangka Operasi Ketupat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah/ 2023 Masehi pada awal pekan depan. Operasi ketupat digelar untuk mengamankan rangkaian acara pada momen libur Lebaran, terutama arus mudik dan arus balik.

"Pada Senin (17/4/2023) kita akan melaksanakan apel Operasi Ketupat. Setelah itu, berikutnya kita gelar seluruh personel, itu menandakan Operasi Ketupat sudah kita mulai," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya, dikutip Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga

Dia menekankan seluruh pasukan untuk siap dalam memulai pengamanan sepanjang gelaran Operasi Ketupat tersebut. Listyo berharap seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan libur Lebaran pada tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Mudah-mudahan seluruh rangkaian pergelaran operasi yang kita laksanakan, termasuk dengan seluruh stakeholder terkait tentunya bisa memberikan suasana yang nyaman dan masyarakat yang akan mudik bisa lancar," ujar dia.

Untuk memperlancar gelarannya, eks Kabareskrim Polri tersebut juga telah memerintahkan jajarannya untuk mengevaluasi titik-titik kemacetan yang rawan terjadi pada arus mudik dan balik pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga hal itu diharapkan dapat meminimalisasi kemacetan yang parah.

"Tentunya kemacetan yang akan kita hadapi, saya telah arahkan kepada seluruh anggota agar bisa melakukan evaluasi sehingga pada pelaksanaannya nanti bisa diantisipasi," kata dia.

Terpopuler