Jumat 14 Apr 2023 12:30 WIB

Kiat Mengurangi Sakit Pinggang Saat Mudik

Salah satu risiko mudik dalam waktu lama dan jarak jauh adalah sakit pinggang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sakit pinggang biasanya bukanlah penyakit yang serius dan bisa diatasi segera dengan perawatan mandiri (ilustrasi).
Foto: Republika/Amin madani
Sakit pinggang biasanya bukanlah penyakit yang serius dan bisa diatasi segera dengan perawatan mandiri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menjelang akhir Ramadhan, banyak orang sudah bersiap untuk mudik. Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD, dr Rizki Gatam, SpOT (K) Spine- mengatakan salah satu risiko mudik dalam waktu lama dan jarak jauh adalah sakit pinggang.

"Anda tidak perlu khawatir, karena sakit pinggang biasanya bukanlah penyakit yang serius dan bisa diatasi segera dengan perawatan mandiri," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

Baca Juga

Ada baiknya jika Anda mengetahui hal-hal yang dapat mengurangi risiko sakit pinggang pada saat menjalankan mudik, terutama pada perjalanan yang panjang:

 

1. Ubah posisi duduk setiap 30 menit

Agar mencegah otot-otot disekitar pinggang Anda merasa tegang akibat duduk terlalu lama, ubah posisi duduk Anda setiap 30 menit sekali, sekalipun itu hanya perubahan kecil. Mengubah posisi tubuh dapat membantu meregangkan otot-otot yang tegang dan melancarkan alirah darah sehingga terhindar dari risiko nyeri pinggang.

 

2. Lakukan peregangan setiap 60-90 menit

Melakukan peregangan atau stretching juga akan membantu menurunkan risiko Anda untuk terkena sakit pinggang. Peregangan dilakukan untuk mencegah otot-otot terasa kaku akibat terlalu lama duduk diam tanpa bergerak. Lakukan peregangan setiap 60-90 menit sekali dengan meregangkan tangan, kaki, dan punggung.

 

3. Siapkan lumbar support

Sebelum memulai perjalanan mudik yang panjang, Anda perlu memersiapkan lumbar support untuk membantu menopang tubuh, tulang belakang dan bokong agar terasa nyaman selama perjalanan. 

 

4. Rencanakan pemberhentian untuk istirahat

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri dengan terus menerjang arus mudik tanpa melakukan istirahat yang cukup. Berhentikan mobil setiap 3-4 jam untuk berdiri, meregangkan tubuh, dan mencukupkan asupan dalam tubuh.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit pinggang selama perjalanan mudik. Sebaiknya, konsultasikan diri dengan dokter ortopedi dan tulang belakang sebelum memulai perjalanan, terutama jika Anda memiliki riwayat sakit pinggang sebelumnya dan sudah berusia lanjut.

Perjalanan mudik seharusnya menjadi pengalaman yang bisa Anda kenang. Maka, jangan biarkan sakit pinggang mengganggu kesenangan tersebut dan menghalangi kenangan indah Anda bersama keluarga dan orang tercinta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement