Terminal Grogol Layani Bus Angkutan Mudik ke Wilayah Pulau Jawa

Red: Nora Azizah

Kamis 13 Apr 2023 21:40 WIB

Calon penumpang membeli tiket bus di Terminal Grogol, Jakarta. Foto: Prayogi/Republika. Calon penumpang membeli tiket bus di Terminal Grogol, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terminal Bus Grogol, Jakarta Barat, menyediakan layanan mudik ke seluruh wilayah Jawa hingga yang paling jauh ke Surabaya, Jawa Timur. "Kita layani beberapa wilayah sepertiPurwodadi, Purworejo, Cilacap, Pemalang Brebes, Wonogiri, Yogyakarta dan lainnya hingga paling jauh ke Surabaya," kata Kepala Terminal bus Grogol, Bona Siregar di Jakarta Barat, Kamis (13/4/2023).

Wilayah di Pulau Jawa menjadi prioritas untuk dilayani lantaran banyak masyarakat yang melaksanakan pulang kampung atau mudik ke lokasi tersebut. Untuk memastikan pemudik bisa sampai ke kampung halaman masing-masing dengan selamat, Terminal Grogol juga memastikan seluruh bus sudah lolosramp check atau pemeriksaan kelaikan jalan.

Baca Juga

Tidak hanya itu, pengemudi bus juga diwajibkan untuk menjalani tes kesehatan guna memastikan kondisi tetap fit untuk membawa pemudik ke daerah masing-masing. Tidak hanya kesiapan dalam perjalanan, dirinya juga mempersiapkan posko pengamanan untuk memastikan penumpang tetap nyaman bahkan ketika harus melakukan perjalanan di malam hari.

Posko keamanan tersebut ditempatkan di sisi kiri pintu masuk terminal. Selain itu, pihaknya juga menyediakan pos kesehatan serta pos khusus penumpang yang sedang menunggu bus.

Sejauh ini, Bonar mengaku belum ada peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. Walau demikian, dia memastikan fasilitas yang telah pihaknya buat mampu untuk menampung aktivitas penumpang mudik jelang lebaran Idul Fitri.

"Tahun lalu dari Terminal Bus Grogol diberangkatkan sebanyak 687 bus AKAP dengan jumlah penumpang 1.890 lebih. Tahun ini diperkirakan lebih tinggi lagi, maka dari itu kami melakukan persiapan lebih matang," kata dia.

Terpopuler