Jalur Tol Ini Dibuka Fungsional untuk Arus Balik

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor

Kamis 13 Apr 2023 18:55 WIB

Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer. Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer. Hal itu khususnya untuk mendukung kelancaran arus balik dari arah Bandung menuju Jakarta yang pengoperasiannya dilakukan secara situasional berdasarkan diskresi kepolisian.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi kepolisian. “Jalur ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan golongan I non-bus dan non-truk dengan aturan kecepatan maksimal kendaraan adalah sebesar 40 kilometer per jam,” kata Charles dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga

Dia menuturkan, pada lebaran tahun ini akan terdapat dua opsi rute yang dapat dipilih pengguna jalan. Rute pertama yaitu SS Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer. Rute tersebut masih sama seperti yang telah dioperasikan secara fungsional pada Lebaran dan Natal Tahun Baru Tahun 2022.

“Dengan jarak 8,5 kilometer, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 10 menit dan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Kutanegara serta melanjutkan perjalanan untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui jalan Industri sepanjang 27 kilometer via GT Karawang Barat 2 (tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ),” jelas Charles.

Charles menambahkan, untuk rute kedua, PT JJS siap mengoperasikan fungsional SS Sadang-Kutanegara- Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer. Dengan jarak 28,5 kilometer, Charles mengatakan, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 40 menit dan keluar di akses Taman Mekar serta melanjutkan perjalanan melalui Jalan Pangkalan sejauh 16 kilometer untuk dapat masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta melalui GT Karawang Barat 2 (tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ).

Pada rute yang kedua tersebut, Jasa Marga menyiapkan tambahan sarana keselamatan jalan yaitu berupa perambuan, guardrail, dan Moveable Concrete Barrier (MCB), delineator pengarah jalan sepanjang jalan tol fungsional. Mengingat kondisi jalan tol di rute kedua relatif berbeda dengan rute pertama yang telah lebih lengkap karena telah beberapa kali disiapkan untuk fungsional, Charles meminta pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi dan lebih berhati-hati.

“Untuk akses masuk jalan tol ini juga masih sama, baik rute pertama maupun rute kedua, yaitu melalui kilometer 77+100 Jalan Tol Cipularang atau SS Sadang arah Jakarta,” tutur Charles.

Charles menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan tidak dikenakan tarif. Meskipun begitu dia merinci, pengguna jalan tetap akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang jalan Tol Cipularang.

Transaksi dengan tapping e-toll ini akan dilakukan di GT Kutanegara yang berada di rute 1 atau di gerbang tol temporer yang berada di rute 2. “Baik di GT Kutanegara maupun di gerbang tol temporer, kami siapkan empat gardu tol yang juga didukung dengan tambahan dua mobile reader di masing-masing gerbang tol,” ucap Charles.

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Japek II Selatan secara fungsional, jalur tersebut akan mendistribusikan volume lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Susun (SS) Dawuan KM 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung yang melewati jalan Tol Cipularang. Selain itu juga arus lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek.