AP II: Bandara Soetta Bakal Jadi Airport Tersibuk Jelang Lebaran 2023

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi

Kamis 13 Apr 2023 07:33 WIB

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura II menyebut Bandara Soekarno-Hatta bakal menjadi yang paling sibuk melayani penumpang yang akan mudik. Foto: Istimewa Suasana di Bandara Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura II menyebut Bandara Soekarno-Hatta bakal menjadi yang paling sibuk melayani penumpang yang akan mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 20 bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II bakal mulai memasuki periode angkutan Lebaran 2023. Adapun, Bandara Soekarno-Hatta bakal menjadi yang paling sibuk melayani penumpang yang akan mudik.

Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan melayani 3,19 juta orang pemudik pada masa Angkutan Lebaran 2023 atau naik sekitar 19,47 persen dibandingkan 2022. "Sementara, untuk pergerakan pesawat mencapai 23.101 penerbangan atau naik dari sebelumnya sebanyak 20.779 penerbangan," ujar Muhamad Wasid.

Baca Juga

Wasid memaparkan, sejauh ini maskapai juga sudah mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight di bandara-bandara AP II sebanyak total 1.016 penerbangan tambahan. Di mana, mayoritas yakni sebanyak 912 penerbangan tambahan ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, mengatakan, 20 bandara yang dikelola perseroan mulai Rabu (12/4/2023) akan fokus mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2023 dengan menjalankan seluruh ketentuan di dalam Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor IR 1 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2023.

Ia menuturkan, sejalan juga dengan instruksi Dirjen Perhubungan Udara, bandara AP II memastikan kesiapan personel dan fasilitas untuk menjaga aspek operasional, pelayanan, keamanan dan keselamatan dalam periode tersibuk di sepanjang tahun ini.

Awaluddin pun menyebut, penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun ini akan berbeda dengan tiga tahun terakhir.

"Kami proyeksikan pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II secara kumulatif pada Angkutan Lebaran 2023 akan mencapai sekitar 5,25 juta orang atau naik 25,4 persen dibandingkan dengan Angkutan Lebaran 2022," kata Awaluddin.

Sementara itu, pergerakan pesawat mencapai 36.000 penerbangan atau naik 11 persen. Peningkatan-peningkatan ini harus dapat dikelola dengan baik oleh bandara AP II untuk memastikan mudik yang aman dan berkesan.